Pujon Kidul Dijagokan Juara Lomba Desa Tingkat Jawa Timur

Cafe Sawah, salah satu usaha Desa Pujon Kidul yang dikenal banyak orang.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam Lomba Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019. Pada lomba kali ini, Pujon Kidul bersaing dengan tiga desa di Kabupaten Pacitan, Madiun dan Kabupaten Blitar.

 

SAAT menerima kunjungan Tim Penilai Lapangan dari Provinsi Jawa Timur, Rabu (19/06/2019), Plt Bupati Malang, HM Sanusi menaruh harapan besar agar Pujon Kidul mampu menjadi juara pertama tingkat Jawa Timur, kemudian mampu bersaing di tingkat nasional. Harapan orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Malang ini sangat wajar, mengingat Desa Pujon Kidul sudah terkenal di seantero nusantara, bahkan hingga manca negara karena keindahan alamnya, kearifan lokal,  dan yang tak kalah pentingnya adalah Cafe Sawah yang sudah mendunia.

Tim penilain lomba desa dan 10 program pokok PKK Provinsi Jawa Timur menuju lokasi acara bersama Plt Bupati Malang, HM Sanusi.

”Desa Pujon Kidul ini memiliki percepatan pembangunan desa yang sangat baik. Salah satu fokusnya adalah melalui pengembangan bidang pariwisata. Semoga Pujon Kidul menjadi yang terbaik dalam perlombaan ini,” harap Sanusi.

Sanusi menambahkan, pada pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Malang, telah ditetapkan Desa Pujon Kidul,  Kecamatan Pujon sebagai juara 1 dan berhak mewakili Kabupaten Malang pada kompetisi tingkat provinsi.

Pengolahan susu, salah satu andalan Pujon.

”Kami berharap, tim penilai dapat memberikan penilaian positif kepada Desa Pujon Kidul sehingga akan terpilih menjadi pemenang dan dapat berlomba di tingkat nasional. Untuk itu, penilaian lapang ini diharapkan agar tim penilai dapat memberikan masukan dan kritik membangun, sehingga dapat menjadi lebih baik lagi pada masa-masa yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba yang juga Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur, Ir. Heru Suseno, STP,MT, mengatakan, timnya akan menilai bidang-bidang yang terkait Perlombaan Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Sedangkan untuk lomba desa tingkat nasional, konsepnya per regional. “Jadi, kita nanti bersaing dengan desa dan kelurahan se Pulau Jawa dan Pulau Bali. Sehingga jika Pujon Kidul meraih juara pertama tingkat Jatim,  tentunya akan bersaing dengan desa di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Bali,” katanya.

Menurut Heru Suseno, potensi pariwisata Desa Pujon Kidul memang sudah sangat terkenal dengan segudang prestasinya. “Semoga Pujon Kidul lolos klasifikasi dan meraih penilaian terbaik sehingga menyandang predikat  terbaik pada Lomba Desa dan 10 Program Pokok PKK tahun 2019 ini,” doanya.

Kepala Desa Pujon Kidul, Udi Hartoko menjelaskan, luas desa sekitar  330 hektar, terdiri dari tiga dusun. Tim penilai akan mengunjungi 16 titik penilaian, yang menyebar di Dusun Krajan, Dusun Tulungrejo yang memiliki kampung budaya dan adat, serta  Dusun Maron yang  memiliki kawasan pangan lestari dan wisata konservasi. Usai penilaian,  tim penilai dijamu di Cafe Sawah  sembari menikmati keindahan alam. (iko/mat)