TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Kepala Cabang BLK PT Citra Karya Sejati, Maria Imelda Indrawati, dan Gunadi Handoko, SH, MM., Mhum.

Provokasi, Jadi Penyebab 5 TKW Kabur

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Kaburnya 5 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK LN) yang dikelola PT Citra Karya Sejati (CKS), di Jl. Raya Rajasa, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (09/06/2021) malam, diduga karena ada pengaruh dari luar.

 

Kepala Cabang BLK PT Citra Karya Sejati, Maria Imelda Indrawati.

 

HAL INI disampaikan Gunadi Handoko, SH,MM,Mhum, CLA, selaku kuasa hukum PT CKS  dari  kantor hukum  Law Firm Gunadi Handoko & Partners, Selasa (15/06/2021) siang. “Kalau itu, sepengetahuan kami, karena ada yang mengajak, memprovokasi, dan mempengaruhi. Bukti-bukti itu sudah kami serahkan ke penyidik (Polisi),” katanya.

Namun Gunadi tidak menyebut secara rinci pihak mana yang dimaksud mempengaruhi. Menurutnya, hal itu biar pihak kepolisian yang menyelidiki.

Tapi yang jelas, masih kata Gunadi Handoko, PT CKS sudah menjalankan ketentuan sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP) dan sudah menjalankan aturan yang ada. “Saya kira PT CKS sudah sangat respresentatif. Kami merasa informasi yang beredar kurang seimbang. Seakan – akan belum sidang sudah vonis,” katanya.

Namun demikian, Gunadi menghormati proses hukum yang berjalan di kepolisian. Bahkan saat ini sudah sampai pada tingkat penyidikan. “Kami tentu menghormati proses hukum. Polisi punya fungsi dalam melakukan penyidikan. Namun kami juga mempunyai fungsi melakukan pembelaan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Cabang PT CKS, Maria Imelda Indrawati Kusuma, menjelaskan, pihaknya sudah menjalankan sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP). “Kami adalah mitra pemerintah. Sudah menjalankan sesuai SOP,” ujarnya seraya membantah sejumlah informasi yang menyebutkan jika kaburnya 5 calon PMI karena ada pelanggaran dari lembaga yang ia pimpin.

Kepala Cabang BLK PT Citra Karya Sejati, Maria Imelda Indrawati, dan Gunadi Handoko, SH, MM., Mhum.

Kasus di PT CKS bermula dari kaburnya 5 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) dari Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN), Citra Karya Sejati (CKS) Jl. Raya Rajasa, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Rabu (09/06/2021) malam.

Dari 5 orang, 3 orang mengalami luka akibat terjatuh saat kabur dari gedung. Sementara 2 orang lainya, selamat. Namun, salah satunya belum diketahui keberadaannya.

Halimah (25), warga sekitar lokasi kejadian menerangkan, para calon TKW itu diduga keluar dari kantor CKS dari lantai 4. Mereka turun bagian samping kantor  menggunakan tali selimut. Namun tali selimut putus, sehingga yang lain terluka setelah jatuh. (aji/mat)