Prihatin Jalan Berlubang, Warga Kumpulkan Koin

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Forum Warga Kota Malang Peduli Jalan Berlubang, menggelar aksi penggalangan dana di depan Balai Kota Malang, Kamis (21/03/2019). Aksi tersebut untuk menggugah masyarakat karena banyaknya jalan berlubang di beberapa ruas jalanan Kota Malang.

 

Para peserta aksi forum warga Kota Malang saat menggalang koin di depan Balai Kota Malang.

 

“PENGGALANGAN koin ini tujuannya untuk menggugah masyarakat. Sebagai bentuk keprihatinan, tidak ada kepentingan politik apa pun,” tutur Wahyu Eko Setiawan, Kamis (21/03/2019).

Saat itu, sempat menjadi perhatian, saat Satria Surya Dewananda berusia sekitar 5 tahun, turut menyumbang dengan memasukan uang ke kardus yang disediakan peserta aksi.

Salah satu peserta aksi menunjukkan koin yang terkumpul.

Sementara itu, Sutiaji, Wali Kota Malang, langsung mendatangi dan menyapa peserta aksi. Orang nomor satu di Pemerintah Kota Malang ini, berkomunikasi dengan komunitas aksi di gerbang keluar balaikota. “Monggo,  silahkan. Ini kan untuk tujuan positif, gak apa – apa,” terangnya.

Namun demikian, lanjutnya, penggunaan APBD ada mekanismenya, tidak seperti uang di brangkas yang sewaktu waktu dapat diambil. “Pengeluaran APBD ada proses dan mekanismenya,” lanjut Sutiaji.

Menurutnya, saat ini sudah terpetakan peruntukannya, dan penggunaannya. Terkait penganggaran perawatan jalan dan insidentil pada tri wulan pertama, sebagian sudah  terealisasi. Bertepatan musim hujan, sehingga titik jalan rusak terus bertambah.

“Ada beberapa titik yang masih dalam tahapan perawatan rekanan, tidak bisa dengan APBD.

Selain itu, memang beberapa ruas jalan kualitasnya kurang baik. Ini jadi komitmen kami untuk menuntaskan,” pungkas Wali Kota Malang. (ide)