Pria Gangguan Jiwa Bakar Rumah Sendiri

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Hadi Wicaksono (43), warga Jalan Juwingan I  RT 10/RW 10 Kecamatan Gubeng, Surabaya, diamankan Polisi setelah diduga membakar rumahnya sendiri, Rabu (30/10/2019). Pria yang diduga mengalami gangguan kejiwaan ini, membakar rumah yang selama ini ditinggalinya seorang diri.

 

 

Pelaku saat diamankan di Mapolsek Gubeng Surabaya.

TIDAK ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun seluruh bangunan rumah yang berada di kawasan padat penduduk di Jalan Juwingan I RT 10/RW 10 Kecamatan Gubeng, Surabaya tersebut, ludes terbakar.

Kebakaran yang menghanguskan seluruh bangunan rumah semi permanen ini terjadi Rabu (30/10/2019) malam. Api berhasil dipadamkan dalam waktu 15 menit, setelah dua unit kendaraan pemadam kebakaran (PMK) Pemkot Surabaya diterjunkan ke lokasi kejadian.

Menurut keterangan Sumarsono, Ketua RT setempat, Hadi diketahui mengalami gangguan kejiwaan dan sering melakukan aktivitas membakar benda atau barang di dalam rumah.

“Selama ini Hadi tinggal seorang diri di rumahnya ini. Dia sering terlihat bakar-bakar barang di dalam rumah tapi selalu diketahui warga dan langsung dipadamkan. Bahkan warga juga sering menegurnya kalau dia bakar-bakar di dalam rumah,” terangnya.

Namun kali ini aktivitas Hadi bakar-bakar barang di dalam rumah luput dari pantauan warga, sehingga api pun membakar seluruh bangunan semi permanen yang dihuninya. Warga sempat mengamankan Hadi dan langsung menyerahkannya ke Polisi.

“Saat kita ke lokasi kebakaran mendapat laporan dari warga yang mengaku mengamankan orang yang diduga sebagai pelaku pembakaran rumah. Ternyata orang itu adalah pemilik rumah yang diduga mengalami gangguan kejiwaan,” terang Perwira Pengawas (Pawas) Polsek Gubeng,  Ipda Slamet Wahjudijanto.

Saat ini, Hadi Wicaksono, pelaku pembakaran rumah sendiri, masih diamankan dan menjalani pemeriksaan di Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polsek Gubeng, Surabaya. Sementara itu, untuk kepentingan penyidikan, di lokasi kejadian kebakaran rumah dipasang garis Polisi. (ang/mat)