Presiden RI Lantik 97 Perwira Remaja Lulusan AAL

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebanyak 97 perwira remaja lulusan Akademi Angkatan Laut  (AAL) Angkatan ke-65, resmi menyandang pangkat Letnan Dua TNI. Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2020 dengan Inspektur Upacara, Presiden RI Joko Widodo ini digelar secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/07/2020).

 

Prosesi pelantikan perwira remaja AAL di Bumimoro AAL Surabaya.

 

SEBANYAK 97 perwira remaja lulusan AAL Angkatan Ke-65 tersebut terdiri dari 87 putra dan 10 putri. Mereka  mengikuti upacara Praspa secara virtual dari Lapangan Banda, Kesatrian Bumimoro AAL, Surabaya.

Selain diikuti perwira remaja (Paja) AAL, pelaksanaan Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2020 ini juga diikuti sebanyak  254 Paja Akmil (234 putra dan 20 putri), 106 Paja AAU  (96 putra dan 10 putri),  serta 293 Paja Akpol (244 putra dan 29 putri). Mereka mengikuti upacara  secara virtual dari kampus akademinya masing-masing.

Hadir dalam upacara itu, masing-masing dua perwakilan dari tiap Akademi Angkatan dan Akpol. Di antaranya, peraih Adi Makayasa (dari AAL, Sermatutar (P) Rizqy Zealand Djuhaeri, STr (Han) dan perwakilan penyumpahan.

Hadir mendampingi Paja AAL saat pelaksanaan upacara di antaranya Wakil Kepala Staf Angkatan Laut  Laksdya TNI Mintoro Yulianto, S.Sos.,M.Si, Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto.

Hadir juga  Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, S.Sos., M.M., Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Muhammad Fadil Imran, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E, para Pejabat Utama AAL, pelatih dan pengasuh Taruna AAL serta orang tua para perwira remaja.

“Saya percaya dan saya yakin, 97 perwira remaja ini siap mengabdikan diri untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai bersama,” terang Gubernur AAL Laksda TNI Edi Sucipto, yang pada kesempatan tersebut juga meminta izin kepada presiden untuk menampilkan selebrasi perwira remaja AAL, sekaligus ucapan terima kasih kepada  presiden dan wakil presiden.

Pada upacara Prasetya Perwira TNI yang dilaksanakan di Akademi Angkatan Laut tersebut, dimeriahkan dengan penampilan display Genderang Suling Gita Jala Taruna yang dimainkan Taruna AAL tingkat III angkatan ke-66.

Selain itu, dalam upacara tersebut juga dihadirkan beberapa alutsista TNI AL. Di antaranya, 1 unit Helikopter AS565 MBE Panther dari Skuadron 400 Puspenerbal Juanda, 2 unit Ranpur BMP-3F dan dua unit Ranpur PT-76 M dari Resimen Kavaleri Korps Marinir, dua unit RM 70 Grad, dua Unit Vampire dari Resimen Artileri Korps Marinir TNI AL,  serta mokap KRI Dewaruci.  (ang/mat)