Ponco Wismo Jatu, Ikon Baru Kabupaten Malang

Sejak dilantik menjadi Bupati Malang, Jawa Timur, Rabu (17/2/2016) silam, Dr. H. Rendra Kresna sudah menetapkan program 100 hari kerja. Meski bukan menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah pembangunan, namun program ini akan memacu semangat kerja semua jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Salah satu program yang dilaksanakan adalah perencanaan kawasan ekonomi strategis Agro Ekowisata Poncukusumo.

 

Bupati Malang Rendra meresmikan jalan tembus
Bupati Malang Rendra meresmikan jalan tembus Dusun Dampul,Tumpang-Dusun Jarak Ijo, Poncokusumo.

BUPATI MALANG Dr. H. Rendra Kresna secara resmi meletakkan batu pertama gerbang pengembangan kawasan Ponco Wismo Jatu di Desa Tulus Besar, Kecamatan Tumpang, Kamis (31/3/2016). “Perencanaan kawasan ekonomi strategis Agro Ekowisata Poncukusumo ini memadukan penggunaan ruang dan segenap sumber dayanya secara fungsional untuk mendorong sektor strategis guna mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan mempunyai linkages positif dengan wilayah sekitarnya,” katanya.

Dengan diresmikannya pembangungan pengembangan kawasan terpadu ini, maka dimulai babak baru pembangungan Gapura Agro Ekowisata Poncokusumo. “Di mana, antara 10 s/d 15 tahun yang lalu, wilayah Kecamatan Poncokusumo memang telah di tetapkan sebagai kecamatan agropolitan. Sementara untuk pengembangan kedepan, tidak mungkin Poncokusumo ini berdiri sendiri, ” ungkapnya.

Untuk menuju ke arah sana, masih kata Rendra Kresna, Poncokusumo tidak bisa berdiri sendiri. “Poncokusumo juga harus didukung oleh daerah sekitarnya. Seperti Wismo (Wajak, Pakis dan Bromo), serta Jatu (Jabung, Tumpang). Itu yang kemudian mendukung Poncokusumo sebagai daerah pariwisata. Lalu ditetapkanlah pengembangan kawasan Ponco Wismo Jatu ini. Termasuk kawasan Bromo, yang menjadi salah satu perhatian dunia,” terang Rendra Kresna.

Ponco Wismo Jatu sendiri adalah kepanjangan dari Poncokusumo, Wajak, Pakis, Bromo, Jabung dan Tumpang. Menurut Bupati Malang, Poncokusumo adalah salah satu daerah yang akan ditingkatkan pengembangannya seperti Kota Batu. Karena jika dilihat dari geografis memiliki kesamaan. Seperti ada lereng gunung, udaranya dingin, dan di situ juga ada pengembangan holtikulura, sayur dan buah-buahan.
Bupati berharap kepada masyarakat dan semua pihak, untuk turut berperan aktif dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Malang. “Masyarakat harus bisa memanfaatkan destinasi wisata yang ada untuk kemudian menumbuhkan ekonomi dan juga indurstri kreatif masyarakat, ” tandasnya.

Sebagai langkah awal pembangunan Ponco Wismo Jatu, selain dilakukan pembangunan gapura Agro Ekowisata, Pemerintah Kabupaten Malang melakukan perbaikan jalan di Dusun Dampul dan Dusun Jarak Ijo, sepanjang 1,5 Km yang menghubungkan Dusun Duwet, Desa Dampul, Kecamatan Tumpang dengan Dusun Jarak Ijo, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo.*