Polres Malang Kota Siapkan Kampung Tertib Lalulintas

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Jajaran Kepolisian Polres Malang Kota segera “melahirkan” kampung tertib berlalu lintas. Nantinya, akan diambil satu lokasi, sebagai sampel kampung, yang bisa menjadi inspirasi dan diikuti kampung- kampung lainnya.

 

 

Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputra.

KAPOLRES Malang Kota, AKBP Asfuri, melalui Kasat Lantas Polresta Malang, AKP Ari Galang Saputra menjelaskan, di Kota Malang, Jawa Timur,  segera “lahir” kampung tertib berlalu lintas.

“Satu lokasi di Kota Malang, akan kami jadikan ikon kampung tertib lalu lintas. Nantinya, bisa menjadi contoh untuk kampung lainnya. Dengan begitu, mereka akan berlomba – lomba menjadi  kampung tertib lalulintas. Kami sedang memikirkan untuk memberikan penghargaan,” tutur Kasat Lantas, Minggu (04/11/2018).

Ia melanjutkan, kriteria yang digunakan cukup banyak. Karena  itu dibutuhkan waktu beberapa bulan untuk menetapkan sebuah kampung bisa menjadi ikon tertib lalu lintas.

“Ada banyak kriterianya. Secara umum, seluruh masyarakat di kampung tersebut, mempunyai kesadaran tinggi berlalu lintas. Misalnya, setiap naik motor, selalu memakai helm meskipun jarak dekat. Selain itu, masih banyak kriteria lainnya. Tim sudah melaksanakan pengamatan di sebuah kampung sejak beberapa bulan lalu,” lanjut Kasat.

Disinggung kampung mana yang akan menjadi contoh kampung tertip berlalu lintas, Ari enggan membeberkanya. Ia mengaku, akan menyampaikannya pada saatnya nanti, jika sudah tepat.

Selain kampung tertib berlalu lintas, Ari Galang  juga akan menciptakan kampus tertib berlalu lintas. Dia sudah melakukan koordinasi dengan beberapa kampus di Malang, untuk launching kampus tertib berlalu lintas.

“Untuk kampus, salah satu kriterianya, di kawasan kampus itu, dilengkapi dengan rambu – rambu lalulintas. Sehingga, semua warga kampus bisa tertib berlalu lintas. Karena hal itu, juga bisa memberikan pendidikan kepada masyarakat luas,” pungksnya. (ide)