Polisi dan Kejaksaan Kawal Penyerahan Bantuan Sosial

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Penyaluran bantuan oleh Dinas Sosial, akan mendapat pendampingan dan pengawalan dari Kepolisian dan Kejaksaan. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar penyaluran bantuan bisa tepat sasaran, dan terhindar dari penyelewengan.

 

Prosesi pelaksanaan Vidcon di Aula Eksekutif Mapolresta Malang. (ist)

KAPOLRES Malang Kota, AKBP Asfuri menyampaikan hal itu, usai mengikuti Video Conferen (Vidcon) Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, di aula Eksekutif Polres Malang Kota, bersama Wali Kota Malang, Drs H. Sutiaji, Jum’at (11/10/2019).

Vidcon tersebut, tentang Penandatanganan Nota Kesepahaman bersama antara Polri dan Kemensos. Terkait bantuan pengamanan dan penegakan hukum pada pelaksanaan penyaluran bantuan sosial.

“Nantinya, Kepolisian bersama Kejaksaan, akan melakukan pengamanan dan pengawalan saat dinas sosial menyalurkan bantuan. Itu untuk mengantisipasi kemungkinan penyimpangan,” tutur Kapolresta.

Disinggung apakah sudah ada kejadian penyimpangan penyaluran bantuan, Asfuri menyatakan, hingga saat ini belum ada laporan terkait dengan hal itu. Namun denikian, langkah antisipasi tetap dilakukan.

“Hingga saat ini, belum ada laporan. Yang pasti telah ada tim saber pungli yang dipimpin Wakapolresta, untuk terus melakukan pemantauan, hingga jangan sampai terjadi penyimpangan,” lanjut Asfuri.

Sementara itu, Wali Kota Malang, Drs H. Sutiaji menjelaskan, bahwa penandatanganan MOU kali ini, adalah terkait pengamanan penyerahan bantuan. Karena, ada indikasi, bantuan tidak tepat sasaran bahkan dimanfaatkan orang – orang tidak bertanggungjawab.

“Ini materinya adalah penyaluran bantuan sosial. Sebagai pemantauan, untuk pencegahan agar bantuan bisa tepat sasaran. Karena rawan sekali diselewengkan, untuk itu perlu diadakan nota kesepahaman Kepolisian dan Kementrian sosial,” tutur Sutiaji.

Menurutnya, ada indikasi dugaan penyelewengkan dalam penyerahan bantuan sosial. Hal itu bisa terjadi saat ada bantuan kepada korban bencana alam, bahkan ke penyerahan bantuan sosial lainnya. (ide)