Polinema, Siap Gelar Konferensi Nasional Perlindungan Konsumen Online

Direktur Politeknik Negeri Malang, Awan Setyawan.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Politeknik Negeri Malang (Polinema) mengaku siap menjadi tuan rumah Konferensi Nasional (konres) Perlindungan Konsumen Dalam Perdagangan Barang dan Jasa Online, Juli 2018 mendatang. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri, mengingat ini adalah konres untuk pertama kalinya di Indonesia.

 

DIREKTUR Polinema, Awan Setyawan mengakui, jika hal ini untuk kesekian kalinya, Polinema dipercaya menjadi tuan rumah event bertaraf nasional.

Ketua KSU Citra Polinema, Heriyanto Budiono Sumardi.

“Iya benar, Polinema telah ditunjuk dan mendapat kepercayaan dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk menjadi tuan rumah Konferensi Nasional (Konres) Perlindungan Konsumen Dalam Perdagangan Barang dan Jasa Online, Juli 2018 mendatang,” tuturnya kepada wartawan, Selasa (05/06/2018).

Direncanakan, konres digelar (16 – 19/07/2018) Juli dan akan dibuka secara langsung Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Nantinya, akan melibatkan semua unit Koperasi Unit Usaha (KSU) Citra Polinema untuk melayani semua kebutuhan, pelaksanaan Konres tersebut itu.

“Mulai dari tiketing, rentcar, suvenir dan lainnya, ditangani Koperasi Citra Polinema. Sementara untuk penginapan, kami bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot)  Batu,” lanjutnya.

Diperkirakan, delegasi peserta dari 500 Kabupaten / Kota di Indonesia. Untuk setiap delegasi, minimal mengirimkan 7 utusannya. Sehingga jumlah peserta diperkirakan mencapai 3.500 orang lebih.

Sekretaris KSU Citra Polinema, Deddy Kusbianto Purwoko Aji

Lebih lanjut ia menjelaskan, Polinema ditunjuk menjadi tuan rumah, berawal dari saat ada Konferensi Internasional di Bali, Mei 2018 lalu, dan diikuti 147 Negara. Polinema, satu satunya Perguruan Tinggi yang mewakili Indonesia.

“Saat itu, Polinema menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Politeknik yang ditunjuk Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk mewakili Indonesia. Untuk itu, BSN dan Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia menunjuk Polinema menjadi tuan rumah Konres yang pertama kali di Indonesia ini,” imbuhnya, didampingi diamini Wakil Direktur I, Supriatna Adhiauwignjo serta Ketua KSU Citra Polinema, Heriyanto Budiono Sumardi.

Dalam event besar itu, Polinema menyerahkan pengelolaannya pada KSU Citra Polinema. Salah satu persiapannya, termasuk ratusan unit kendaraan untuk antar jemput para delegasi, yang melalui Koperasi Citra Polinema.

Sementara itu, Ketua KSU Citra Polinema, Heriyanto Budiono Sumardi mengatakan, kepercayaan yang diberikan pimpinan Polinema itu, tak lepas dari kemajuan koperasi yang terus dibenahi dan dikembangkan.

“Kami sudah menunjuk manajer. Selain itu beberapa kepala bidang untuk menangani unit-unit usaha KSU itu,” tutur Heriyanto.

Saat ini, Koperasi Citra Polinema telah menangani berbagai unit usaha mulai Ticketing dan Rentcar, Bidang perdagangan dan pengadaan berupa sembako dan ATK. Selain itu, bidang produksi berupa mesin pembuat air minum kemasan dan mesin daur ulang sampah serta Bidang Teknologi Informasi (TI) meliputi aplikasi online untuk perdagangan produk UMKM.

Untuk kedepannya, KSU menyiapkan bidang Properti yang telah dilaunching beberapa waktu lalu. Selanjutnya Garmen, berupa produksi pakaian dan konveksi, termasuk kontrol produksi dan kualitasnya.

“Semoga KSU Citra Polinema semakin berkembang dan semakin terpercaya,” pungkas Heriyanto yang juga menjabat Kepala UPT  Humas Polinema tersebut. (ide)