PMK Evakuasi Tawon Ndas Yang Resahkan Warga

Kerumunan warga menyaksikan proses evakuasi sarang tawon.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Memasuki musim hujan ini, Tim Pemadam Kebakaran (PMK) Kabupaten Malang, Jawa Timur, punya tugas tambahan. Tidak hanya harus  memadamkan kebakaran,  menangkap ular kobra yang masuk ke permukiman warga, atau melepas cincin yang melekat di jari orang, tapi juga harus mengevakuasi sarang tawon, seperti yang dilakukan di rumah Erna, warga Jl.Kauman RT 13/RW 03, Desa Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Kamis  (26/12/2019) siang.

 

PERISTIWA yang sangat jarang dihadapi anggota PMK Kabupaten Malang ini, disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto. “Pada Kamis (26/12/2019) siang, sekitar pukul 13.30 WIB, anggota PMK yang sedang piket jaga, menerima telepon dari Bu Erna, warga Jl.Kauman RT 13/RW 03, Desa Kebonagung, Kecamatan  Pakisaji, Kabupaten Malang, ” katanya mengawali cerita, Sabtu  (28/12/2019) siang.

Goly menjelaskan, kepada petugas jaga, pelapor menceritakan, ada sarang tawon di atas pohon, dekat rumahnya. “Setelah diidentifikasi, ternyata memang ada sarang tawon ndas (Vespa Avinis) di atas pohon,” katanya.

Selanjutnya, petugas melakukan penyisiran dan kordinasi untuk persiapan awal. Lalu melaksanakan penjangkauan sarang, menutup akses keluar masuk tawon, kemudian menurunkan sarang tawon dari pohon dan membersihkannnya. “Alhamdulillah, proses evakuasi berhasil dengan baik,” kata Goly seraya menambahkan untuk mengevakuasi sarang tawon diterjunkan tiga personil, dipimpin Endri Wiyanto sebagai ketuag regu.  (mat)