PMI Terjunkan 5 Relawan ke Lombok

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Paska terjadinya bencana gempa bumi berkekuatan 7 SR di Lombak Utara, Nusa Tengara Barat, yang menimbulkan korban 105 orang meninggal dunia, sebagai organisasi kemanusiaan, PMI Kabupaten Malang akan memberangkatkan 5 orang relawan kemanusian ke Lombok, hal itu ditegaskan Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprillijanto, Rabu (08/8/2018).

 

Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprillijanto.

“BESOK pagi lima orang relawan kami akan berangkat ke Lombok dari Lanud Abdurahman Saleh dengan menumpang pesawat Hercules milik TNI AU,” terang Sekretaris PMI Kabupaten Malang.

Sebelumnya Senin (6/8) PMI Kabupaten Malang telah memberangkatkan secara swadaya satu orang relawan ke NTB. “Dari koordinasi dengan Pak Yasin yang sudah terlebih dahulu berangkat, maka kami memberangkat lima orang personil sesuai dengan kebutuhan yang terdiri dari 2 orang paramedis, 2 orang tenaga WASH (Water Sanitation and Hygiene-red) dan satu orang driver,” jelas April.

Dari pantauan PMI, para pengungsi korban terdampak gempa di Lombok saat ini selain memerlukan obat-obatan juga membutuhkan bantuan makanan, tenda dan sarana air bersih.

Namun karena jauhnya jarak, menurut April sementara ini PMI Kab Malang memang hanya memberangkatkan personil relawan terlebih dahulu, tanpa alat-alat. “Sementara memang yang berangkat hanya relawan tanpa perlengkapan, karena jarak ke Lombok tidak dekat, kita juga harus mempertimbangkan efisiensi. Untuk obat-obatan keperluan disana sudah tercover dari pusat, mangkanya kita menitik beratkan kepada pengiriman SDM,” ungkapnya.

Rencananya kelima relawan PMI Kabupaten Malang akan menjalani tugas kemanusiaan selama 10 hari di Lombok. “Tapi itu kondisional, artinya bisa diperpanjang atau malah diperpendek, sesuai dengan kebutuhan. Dan jika memang diperlukan maka kami siap memberangkatkan relawan sebagai tambahan untuk membantu disana. Kita melihat perkembangan dilapangan nanti bagaimana,”papar pria yang berdomisili di Pakisaji. (diy)