TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Plt Bupati Malang Resmikan Pembangunan Pasar Modern Wagir

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Keberadaan pasar menjadi sentra perdagangan yang diharapkan bisa membantu pengembangan ekonomi kerakyatan warga Kabupaten Malang. Terkait hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Malang turut menyokong adanya pembangunan pasar modern (pamor) di Kecamatan Wagir agar ekonomi kerakyatan semakin berkembang dan maju.

 

 

Sanusi, Plt Bupati Malang usai peresmian pembangunan pasar modern.

HAL INI disampaikan Sanusi, Plt Bupati Malang usai peresmian pembangunan pasar modern di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Plt. Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM bersama petinggi Garuda Land dan undangan, bersama memencet tombol sirine sebagai simbol dimulainya pembangunan Pamor di Wagir, Sabtu (20/7/2019).

Pamor ini dibangun oleh developer Garuda Land yang dipandegani Christian S dan merupakan pasar modern yang pertama kali ada di Malang Raya. Pamor Malang hadir untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat Kota dan Kabupaten Malang dengan konsep pasar tradisional yang lebih bersih, aman, nyaman dan dikelola dengan baik.

Pamor ini nantinya memiliki lapak sayur, lapak buah, lapak ikan dan lapak daging. Serta kios antara lain kios kain dan baju, kios elektronik, serta kios handphone dan accesories. Diungkapkannya, mewakili Pemerintah Kabupaten Malang, pihaknya menyampaikan selamat dan sukses atas dimulainya pembangunan Pasar Modern Rakyat yang berlokasi di Komplek Pasar Modern Rakyat ini.

Diharapkan, pembangunan Pasar Modern Rakyat berjalan lancar, dan mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan perekonomian rakyat, khususnya yang berada di kawasan sekitar pasar.

” Keberadaan pasar yang merupakan sarana mengembangkan ekonomi kerakyatan, telah menjadi kebutuhan yang harus terus difasilitasi,” tegas Sanusi.

Dikatakannya, semakin banyak pasar, khususnya pasar dengan konsep modern, maka akan memacu peningkatan ekonomi dan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Karenanya, Pemkab Malang senantiasa berupaya maksimal, guna mendukung dan mendorong pengembangan pasar.

Pembangunan fasilitas fisik, identik dengan sebuah permulaan yang baru untuk memacu semangat berusaha para pelaku kegiatan ekonomi di lingkungan pasar. Dengan adanya fasilitas baru, harapannya tidak terbatas pada peningkatan kenyamanan hingga kemudahan akses bagi para pedagang maupun para pembeli.

Lebih dari itu, fasilitas baru ini diharapkan dapat mendorong tumbuhnya peluang usaha baru yang semakin kompleks dan kreatif. Khususnya tidak terbatas berada di lingkungan pasar semata, tetapi juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan UMKM di lingkungan sekitar pasar.

“Dengan semakin terbukanya peluang usaha semacam ini, taraf perekonomian masyarakat akan terus meningkat, dan pada gilirannya juga dapat meningkatkan kontribusi pada Pendapatan Daerah yang akan digunakan untuk memacu percepatan pembangunan daerah secara keseluruhan,” terang Bupati.

Pasca peletakan batu pertama Pamor, Sanusi berharap agar proses pembangunan dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku. Mulai dari prosedur terkait pelaksanaan proyek di lapangan, hingga pelaporan hasil, harus berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ia juga berpesan agar pihak pelaksana proyek senantiasa memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja bagi para pekerjanya sehingga pelaksanaan pembangunan dapat benar-benar memberikan manfaat bagi semua pihak terkait.

Diharapkan pembangunan lancar dan cepat selesai. Garuda Land dapat membangun Pasar Modern Rakyat ke sejumlah wilayah lainnya yang ada di Kabupaten Malang. Semisal membangun pasar di Kota Kepanjen yang merupakan ibukota Kabupaten Malang.

“Jangan lupa, mari bersama menjaga kebersihan, kenyamanan dan keamanan Pasar Modern Rakyat, agar para pembeli semakin betah berbelanja di pasar, dan perputaran perekonomian di pasar juga semakin tumbuh positif,” tutur Plt Bupati. (hadi)