Plt Bupati Malang Resmikan Gedung Kantor Pusat PDAM

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Plt Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM beserta istri, pagi ini Senin (29/10/2018) menghadiri acara Peresmian Gedung Kantor Pusat PDAM Kabupaten Malang sekaligus Gedung Kantor PDAM Unit Pagak yang bertempat di Halaman Gedung Kantor Pusat PDAM setempat, Jl. Raya Kebonagung 115 Pakisaji. 

 

 

Pemotongan pita oleh Plt Bupati Malang, peresmian gedung baru kantor pusat PDAM Kabupaten Malang.

DALAM sambutannya, Plt Bupati Malang menyampaikan selamat dan sukses atas diresmikannya gedung tersebut, dengan harapan semoga dengan diresmikannya gedung baru itu dapat dijadikan sebuah motivasi kerja dan semangat bagi keluarga besar PDAM Kabupaten Malang sehingga mampu menjadi badan usaha yang dapat diandalkan. Seperti diketahui, PDAM memiliki tujuan memberikan pelayanan terhadap kebutuhan air bersih kepada masyarakat, selain itu juga memberikan kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD), dimana dari tahun 2017 hingga 2018 tercatat kepuasan pelanggan menunjukkan peningkatan sebesar 90,74 dengan kategori sangat baik

Selain memberikan apresiasi pada kinerja yang ditunjukkan oleh PDAM, Sanusi juga kembali acungi jempol atas rangkaian peresmian gedung tersebut, yakni PDAM memberikan santunan kepada anak yatim sekaligus memberikan penghargaan kepada pegawainya yang berprestasi. Dengan adanya pemberian reward itu, diharapkan akan terus memotivasi pegawai untuk selalu meningkatkan kinerjanya sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan prima kepada pelanggan dan masyarakat.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang, Syamsul Hadi mengatakan bahwa gedung baru yang bakal diresmikan itu sudah ditempati sejak tahun 2003 hingga kini mencapai 15 tahun dengan memiliki pelanggan yang dari tahun ke tahun semakin bertambah. Ia juga mengaku bahwa gedung yang berdiri megah itu menghabiskan biaya hingga 10 M, dengan tahapan pembangunan dari tahun 2017 berakhir di Oktober 2018. Terkait peresmian unit Pagak yang saat ini perkembangannya lebih signifikan. Sebelumnya, unit Pagak tidak memiliki kantor, untuk diharapkan dengan fasilitas yang baru diresmikan ini pelayanan air bersih khususnya di Kecamatan Pagak dapat terpenuhi.

“Kami mendesain gedung ini menjadi tiga lantai, dengan rincian lantai 1 terdapat ruangan jajaran direksi, customer service, pelayanan, dan bagian umum. Lantai 2 ada ruangan kepala bagian SDM, Perencanaan dan bagian teknik lainnya, serta di lantai 3 disediakan ruangan untuk rapat atau workshop, dengan fasilitas ini mudah-mudahan para pegawai lebih produktif. Sedangkan untuk air mancur yang dihiasi dengan lampu warna warni yang berada di halaman depan gedung ini terinspirasi dari tujuan kami yang ingin memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat,” paparnya.

Lebih lanjut, Syamsul menerangkan bahwa PDAM dituntut memberikan pelayanan yang berkualitas, untuk itu ia beserta jajarannya terus melakukan perbaikan pelayanan seperti menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001, membangun infrastruktur, menerapkan humas capital manajemen, serta membangun teknologi informasi terintegrasi. Sebagai hasil dari audit pada September lalu, PDAM Kabupaten Malang menerima Sertifikat ISO 9001:2015 dari Badan Sertifikasi PT. Intertek yang saat itu diserahkan oleh Regional Manager Badan Intertek kepada Dirut PDAM.

Masih dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan, melalui teknologi informasi, hari ini PDAM Kabupaten Malang melaunching aplikasi berbasis android yakni e-layanan PDAM Kabupaten Malang. Didalam aplikasi ini, pelanggan bisa mengetahui jumlah tagihan, informasi gangguan pelayanan, lokasi loket pembayaran serta berita terkini yang terhubung langsung dengan website PDAM. “Kami berharap, pelanggan yang telah menginstal aplikasi tersebut akan terbangun komunikasi yang murah, mudah, cepat, dan akurat,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Perpamsi Jawa Timur tersebut.

Sebelum melakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya gedung baru tersebut, Wabup terlebih dahulu memberikan santunan secara simbolis kepada 100 anak yatim dilanjutkan dengan menyerahkan reward kepada pegawai berprestasi sejumlah 15 juta untuk kontingen PDAM Kabupaten Malang, dan dua paket umroh masing-masing 25 juta tiap orang. Selanjutnya, Wabup meninjau gedung berlantai tiga tersebut didampingi Dirut PDAM dan diakhiri pemotongan tumpeng di lantai 3 sekaligus beramah tamah.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Anggota DPR RI Komisi 2, Kresna Dewanata Phrosakh, Ketua DPRD Kabupaten Malang, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Ir. Didik Budi Muljono, MT,, Kepala Satker PSPAM Jawa Timur, Direktur PDAM se-Jawa Timur, Ketua MUI, Pimpinan Perbankan Cabang Malang, BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Muspika Pakisaji. (iko)