Plt. Bupati Malang Hadiri Bersih Dusun Bladoh Kromengan

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Plt. Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM menghadiri kegiatan Sedekah Bumi dan Pertunjukkan Wayang Kulit dalam rangkaian Bersih Dusun Bladoh ke 160 tahun, Desa Karangrejo, Kecamatan Kromengan, Selasa (13/8) malam. Pak Sanusi, sapaan akrab Bupati menyambut baik kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Dusun Bladoh atas nikmat yang diberikan Allah SWT sekaligus bagian dari uri-uri budaya dan adat istiadat peninggalan para leluhur.

 

Plt. Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM memberikan gunungan kepada Ki Dalang Sabar Suroso.

 

KEDATANGAN Pak Sanusi tadi disambut begitu hangat masyarakat setempat bersama-sama Kepala Dusun Bladoh, Martono, Kepala Desa Karangrejo, Sutaji dan Camat Kromengan, Joenico Dacosta serta jajaran Muspika Kromengan. Mereka sudah standby di pendopo dusun sembari menikmati alunan musik dan hiburan campur sari. Masyarakat Dusun Bladoh kompak menggelar Bersih Dusun ini dengan hiburan utama pagelaran wayang kulit dengan judul Pandawa Syukur oleh Ki Dalang Sabar Suroso dari Blitar.

”Acara Bersih Dusun ini tentunya bentuk rasa syukur dan selamatan dari masyarakat Dusun Bladoh atas seluruh nikmat yang diberikan Allah SWT. Dari syukuran dan selamatan ini semua punya harapan masyarakat yang sejahtera dan diberikan kesehatan semuanya. Dibalik acara ini pasti banyak sodakoh dari warga Desa Bladoh. Sodakoh merupakan amal yang bisa menjauhkan dari balak dan marabahaya,” jelasnya saat memberikan arahan.

Ia menambahkan, dengan semakin banyak bersodakoh itu menjauhkan kita semua dari kesusahan atau balak. Pak Sanusi pun yakin dalam kegiatan ini masyarakat juga yakin, dengan gelar acara slametan supaya dusun, desa dan masyarakatnya slamet. Selain itu, Bupati juga mengatakan, dengan memberikan makanan kepada sesamanya dengan tumpengan maka Allah SWT juga akan melipat-gandakan rejeki. ‘

‘Allah SWT menjanjikan barang siapa yang memberikan sodakoh satu, dia akan mendapat balasan 10 kali lipat. Semoga masyarakat baik Dusun Bladoh, Desa Karangrejo, dan Kecamatan Kromengan, semuanya dilimpahkan rejekinya, diberi kesehatan dan yang punya hutang segera terlunasi semuanya,” ujarnya seraya diamini masyarakat yang hadir pada acara tadi malam.

Dalam kesempatan ini, Pak Sanusi juga menyampaikan sejumlah program pembangunan Pemerintah Kabupaten Malang. Utamanya, terkait strategi umum mengentaskan kemiskinan, menguatkan daya dukungan lingkungan hidup, dan menguatkan potensi pariwisata. Serta, ada lima bidang yang ditekankan pihaknya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat antara lain pendidikan, kesehatan, infrastruktur, perumahan dan pemukiman keamanan dan ketertiban. Dia juga mengapresiasi masyarakat Kromengan yang tersebar di tujuh desa mampu menjaga keamanan dan ketertiban.

”Mari bersama-sama ciptakan inovasi dan berkreasi. Karena Allah SWT juga berpesan, yang bisa mengubah nasib manusia, adalah manusia itu sendiri. Masyarakat mulai dari yang ada di Dusun Bladoh, Desa Karangrejo hingga Kecamatan Kromengan harus saling berlomba dalam inovasi dan kreativitas. Singkong kalau tidak diolah ya tetap singkong. Jika diolah, kan bisa jadi aneka olahan yang mengangkat nilai singkong, seperti keripik dan lainnya,” pungkas Bupati. (iko/mat)