PLT Bupati Malang Ajak Investor Kembangkan Wisata Pantai Modangan

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Plt. Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi MM, melakukan kunjungan wisata ke Pantai Modangan, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo. Dalam kunjungannya, Minggu (18/8/2019), Plt. Bupati inginkan Pantai Modangan ini lebih dikenal lagi, tidak hanya di Indonesia, bahkan mendunia. Dengan mengajak semua unsur mulai dari pebisnis, kontraktor, akademisi, investor, hingga media, Pak Sanusi melakukan dialog ataupun berembug bersama warga Donomulyo khususnya.

 

Plt. Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi MM, saat kunjungan wisata ke Pantai Modangan.

 

MENGAWALI sambutannya, Plt Bupati menyampaikan, kita sini berkumpul untuk mencari konsep, serta masukan ataupun ide dari masing-masing kalangan dalam mengembangkan destinasi wisata pantai Modangan ini. ” Modangan ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia, tempat paralayang yang mendaratnya di pantai, dan juga satu-satunya yang bisa di gunakan di malam hari atau yang biasa di sebut paralayang moon. Maka dari itu, jika semua pihak ikut berpartisipasi maka bukan tidak mungkin tempat ini menjadi destinasi yang berskala nasional, bahkan internasional,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa di Pantai Modangan ini memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk diangkat. ” Pantai Modangan dan Bukit Waung sudah pernah menjadi penyelenggara kejuaraan paralayang tingkat nasional, dan ini sudah menjadi embrio. Pemkab akan segera merumuskan langkah-langkah, untuk pengembangan Pantai Modangan ini. Harapannya dengan semakin terkenalnya Pantai Modangan dapat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi pada masyarakat, ” kata Pak Sanusi.

Perlu diketahui di Pantai Modangan terdapat perbukitan yang dijadikan tempat paralayang, sehingga para wisatawan bisa menikmati keindahan pesisir laut dari udara. Hingga saat ini, sudah banyak atlet yang menjajal tebang dari lokasi itu, bahkan, sudah ada empat atlet kelas internasional yang sudah menjajal venue. Pantai Modangan akan jadi venue untuk kejuaraan paralayang, yang menjadi bagian rangkaian acara Malang Beach Festival 2019.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Malang (Unisma) Prof Dr Masykuri,yang juga ikut dalam dialog tersebut menyampai beberapa grand design pengembangan wisata di Kabupaten Malang. ” Ada empat point yang harus dijadikan kajian Pemkab Malang sebelum mengenalkan pantai modangan ke investor, diantaranya membuat landscape, membenahi sosiologi masyarakat, mengenalkan budaya masyarakatnya, dan mengenalkan kuliner khas yang ada, ” pungkasnya.

Dalam acara tersebut juga memberikan masukan dalam pengembangan Pantai Modangan ini, Wakil Sekjen DPP Real Estate Indonesia (REI) Tri Wedianto, Direktur Jawa Pos Radar Malang, Kurniawan Muhammad, Wakil Rektor II Unisma H Noor Shodiq, Komandan Satrad 221 Ngliyep Mayor Lek Kurniawan P Yudhono, Founder Malang Tahes Community Yusron. Hadir juga beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang ikut mendampingi Plt. Bupati Malang. (iko/mat)