PKS Kota Malang Sembelih 20 Sapi, 37 Kambing

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Walaupun dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease (COVID-19), namun semangat para pengurus, kader, dan simpatisan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang, Jawa Timur, untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 M, masih tinggi.

 

Penyaluran bantuan yang dilakukan DPD PKS Kota Malang, Jawa Timur.

 

HAL INI dibuktikan dengan banyaknya jumlah hewan kurban yang berasal dari para pengurus, kader, dan simpatisan PKS Kota Malang yang akan disembelih. “Ada 20 ekor sapi dan 37 ekor kambing yang disembelih dan dibagikan kepada  masyarakat di 5 DPC PKS. Jika dirupiahkan, nilainya  kurang lebih  Rp. 512.000.000 atau setengah miliar Rupiah, ” ungkap Ernanto Joko Purnomo, Ketua DPD PKS Kota Malang, Minggu (02/06/2020) petang.

Menurut Joko, jumlah hewan kurban tahun ini  berkurang dibandingkan tahun lalu. “Tahun 2019 lalu, nilainya mencapai Rp 1 miliar. Namun kami tetap bangga dan bersyukur. Kami beri apresiasi atas keikhlasan pengurus, kader, dan simpatisan yang berkurban, sekaligus atas  kerja kerasnya di tengah pandemi COVID-19 ini. Walaupun dalam kondisi sedang sulit, tapi masih semangat  berkurban dan berkhidmat untuk masyarakat Kota Malang,” katanya.

Menurut Achmad Taufik, Ketua Panitia Idul Adha 1441 H DPD PKS Kota Malang, penyembelihan hewan kurban sengaja dilakukan hari Minggu, dengan pertimbangan waktunya lebih panjang. Selain itu banyak kader dan simpatisan yang siap membantu.

Dari 20 ekor sapi dan 37 ekor kambing yang disembelih, menurut Taifik, menyebar di beberapa DPC. Di antaranya, DPC Lowokwaru menyembelih 5 ekor sapi, 21 ekor kambing. DPC Kedungkandang sebanyak 4 ekor sapi, 7 ekor kambing.  DPC Klojen ada 5 ekor sapi, 2 ekor kambing.  DPC Sukun 4 ekor sapi, 1 ekor kambing. DPC Blimbing  2 ekor sapi,  6 ekor kambing.

“Kami berharap semangat Idul Adha ini bisa diimplementasikan untuk saling bahu- membahu dan membantu sesama di tengah pandemi COVID-19,” ucap Trio Agus,  Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang.

Sedangkan Ust Ernanto Joko berharap,  pengkurban dan semuanya memperoleh fadilah dan keberkahan kurban seperti keluarga Nabi Ibrahim AS. “Mudah – mudahan ada hikmah yang bisa kita peroleh dari perayaan Idul Adha di tengah pandemi ini. Ada lima hikmah berkurban di tengah pandemi ini. Pertama, meningkatkan ketaqwaan. Kedua,  mengajarkan sifat berbagi. Ketiga, memupuk rasa empati di tengah pandemi. Keempat,  melimpahkan rezeki. Kelima, memperoleh balasan kebaikan di duniawi dan surgawi, ” tuturnya.

Selain berkurban, DPD PKS Kota Malang  juga menyalurkan bantuan kepada Pondok Yatim Salman yang berada di Jalan Raya Candi, Gasek, Karangbesuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang senilai Rp 3 Juta. Bantuan langsung diterima pimpinan pondok, Ust. Saiful Arif.  (div/mat)