Pilkades Serentak Berjalan Aman dan Lancar

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, sukses menghelat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang 3 Tahun 2019 yang diikuti 858 calon kepala desa di 269 desa se Kabupaten Malang, Minggu (30/06/2019). Pilkades berjalan aman, lancar dan kondusif.

 

 

Drs. Suwadji, SIP, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

“PELAKSANAAN pilkades serentak  kemarin, pada umumnya berjalan aman, lancar, tanpa ada gangguan yang berarti. Harapan kami,  dengan telah selesainya pilkades, masyarakat tetap terjalin silaturahminya, kerukunannya, dan persaudaraannya. Bagi calon yang kalah, harus  legowo. Yang menang harus amanah, dan dapat merangkul semua pihak untuk dapat bisa membangun desa, memajukan desanya dan meningkatkan kesejahteraan masyatakatya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Drs. Suwadji, SIP,M.Si,  Senin (01/07/2019).

Antusiasme masyarakat memilih pemimpinnya pun  terbilang  tinggi. “Tingkat partisipasi masyarakat bisa dikatakan bagus, di atas 70 persen dari total daftar pemilih tetap. Ini hal yang bagus, menunjukan kepedulian masyarakat yang meningkat untuk kemajuan desannya,” jelas Suwadji.

Untuk pemenang di pilkades, sebagian besar masih didominasi para petahana. “Betul, petahana masih mendominasi dalam pilkades serentak kemarin. Namun di beberapa desa, banyak juga petahana yang mengalami kekalahan. Dalam proses demokrasi,  kalah dan menang adalah sesuatu hal yang wajar,” bebernya.

Meski bisa dikatakan sukses menyelenggarakan pilkades, beberapa catatan masih menjadi bahan evaluasi bagi DPMD. “Ada beberapa penyempurnaan. Perbaikan regulasi sedikit, untuk peningkatan kapasitas dan kualitas panitia,” ungkap mantan Kabag Humas Pemkab Malang ini.

Proses atau tahapan selanjutnya dari pelaksanaan pilkades adalah pengajuan penetapan pemenang dari panita ke BPD, paling lama satu minggu sejak pelaksanaan pilkades. “Kalau pelantikan diagendakan paling lambat 10 Oktober 2019. Namun bisa maju jika memang proses semuanya sudah siap,” pungkas Suwadji. (diy)