Pesona Pantai Pulau Merah di Banyuwangi

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi.

Kabupaten Banyuwangi berada di ujung timur Pulau Jawa dan menjadi pintu gerbang Jawa Timur dari Pulau Bali. Potensi wisata alam yang dimiliki sangat luar biasa. Di sana ada Kawah Ijen yang terkenal dengan blue fire dan kawah hijaunya, Taman Nasional Baluran seperti layaknya Padang Savana di Afrika, Pantai Plengkung atau G Land yang terkenal ombaknya yang gana dan menjadi surga bagi peselancar. Grenn bay atau Teluk Hijau – Ijo, dan Pantai Sukamade salah satu pantai yang terkenal dengan tempat konservasi untuk habitat penyu. Dan yang menjadi icon wisata Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan. Untuk dapat masuk ke lokasi pantai, pengunjung harus membayar biaya tiket Rp 2.500 per orang.

Nama Pulau Merah dikaitkan pada sebuah bukit kecil di tepi pantai yang memiliki tinggi sekitar 200 meter. Bukit tersebut memiliki tanah berwarna merah dan ditutupi oleh vegetasi hijau sehingga tidak terlalu tampak warna aslinya. Bukit ini bisa diakses pada saat air surut.

Pantai ini mirip Pantai Kuta di Bali, namun ombaknya lebih bergulung, karena itu memungkinkan peselancar melakukan manuver dengan teknik tubes. Ombak di Pantai Pulau merah dipastikan bisa menjadi tujuan peselancar pemula, amatir maupun profesional karena memiliki ketingian rata-rata dua meter. Hal ini berbeda dengan Pantai Plengkung atau G Land yang lebih banyak dinikmati peselancar profesional.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah lokasinya yang berdekatan dengan desa Pancer. Wisatawan dapat memanfaatkan rumah warga untuk menginap, karena masih belum ada hotel di sekitar lokasi wisata ini.
Bagi kalangan penggemar fotografi, sunset pulau merah adalah salah satu spot sunset paling bagus di Banyuwangi. Tidak banyak pedagang asongan yang ditemui disini sehingga pantai ini tampak bersih dan asri. Pada saat liburan tempat ini akan sema-kin ramai dikunjungi masyarakat.

Lokasi pantai ini jauh dari pusat kota, sehingga belum ada hotel yang dibangun di sekitar pantai ini. Namun untuk menginap di sekitar Pantai Pulau Merah, bisa menggunakan rumah penduduk yang senggaja disewakan untuk para wisatawan yang ingin bermalam di pantai inidengan harga Rp. 150.000 per malam per kamar.*
(*/berbagai sumber)