Pertamina Antisipasi Peningkatan Konsumsi BBM

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Konsumsi BBM diperkirakan bisa mencapai 450 ribu kilo liter dalam musim lebaran tahun ini. Mengingat, di H-3 saja lebaran saja, konsumsi BBM kemasan sudah mencapai 380 ribu kiloliter (KL). Jumlah tersebut meningkat dibanding Lebaran tahun lalu yang hanya terkonsumsi sebanyak 4,5 KL.

 

 

“ARTINYA ada kenaikan 100 kali lipat pada H-3 lebaran kemarin,” tutur Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Masud Khamid berada di Depo Pertamina Malang, Rabu (13/6).

Hal itu lanjutnya, menunjukkan masyarakat sudah mulai bergeser. Khususnya pemudik yang menggunakan mobil. Jika biasanya menggunakan jalan arteri, para pemudik kini sudah pindah ke tol. Melihat fenomena tersebut, Pertamina akan penyiapan SPBU permanen di kawasan tol.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Masud Khamid berada di Depo Pertamina Malang.

Di Lebaran tahun ini, Pertamina menyiapkan SPBU mobile sebanyak 63 unit. Kemudian armada motor sekitar 382 unit. Untuk di Jawa Tengah, ada sekitar 200 motor. Secara nasional, per hari ada sebanyak 1,3 juta liter BBM yang terkonsumsi.

Pada H-2 Lebaran, distribusi BBM maupun LPG di hampir semua lokasi tercukupi. Terutama di jalur mudik. Ada beberapa lonjakan kebutuhan gas di beberapa lokasi. Sehingga dilakukan operasi pasar.

“Untuk jalur mudik, dari Merak sampai ke Jawa Timur sudah disiapkan, baik SPBU reguler di jalan arteri maupun SPBU mobile. Biasa disebutnya, kios pertamax. sudah kami siapkan dan semua berjalan baik,” lanjutnya.

Pertamina terus mengantisipasi adanya lonjakan permintaan BBM. Apalagi saat ini telah memasuki arus mudik jilid 2. Untuk itu, Pertamina meminta tim, agar selalu siaga selama 24 jam. Termasuk supply dari mobile storage.

“Mobil-mobil tangki yang disiapkan di dekat SPBU dan didekat kios pertamax. Serta didekat mobil dispenser atau BBM mobile. Jadi semuanya disiapkan dalam posisi maksimum, khusus mengawal Ramadhan dan Idul Fitri,” pungkasnya. (ide)