Perluasan Akses Ke Balekambang, Pemkab Malang akan Bebaskan Lahan 2.5 Ha

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Untuk meningkatkan kualitas jalan demi mempermudah akses menuju kawasan wisata Balekambang, Pemkab Malang akan memperluas lebar jalan di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Binamarga Kabupaten Malang, Romdhoni, Rabu (26/9/2018).

 

 

Kadis PUBM Kab Malang, Romdhoni.

MENURUT Romdhoni pelebaran jalan tersebut dilakukan mulai dari pertigaan jalan tembus di jurang Klampok, Desa Srigonco, Bantur hinga ke perempatan menuju Pantai Wisata Balekambang, sepanjang 4 km. “Tujuan dari pelebaran ini untuk meningkatkan mutu jalan, sehingga nantinya bisa dilalui kendaraan besar, seperti bus. Jadi menjadi jalan kolektor ke JLS,” terang Romdhoni.

Kadis Pertanahan Kab Malang, Subur Hutagalung.

Dengan lebar jalan yang ada sekarang ini, dinilai kurang bisa menampung jumlah kendaraan yang menuju ke Pantai Wisata Balekambang atau sebagai akses ke Jalur Lintas Selatan. “Kalau ada kegiatan di Balekambang atau liburan, ruas jalan di Desa Srigonco seringkali macet, karena memang lebar jalan yang kurang memadai. Namun untuk pelaksanaan pelebaran, kami masih menunggu pembebasan lahannya,” tandas Romdhoni.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten Malang, Subur Hutagalung, mengaku untuk pembebasan lahan yang akan digunakan untuk pelebaran jalan, pihaknya sudah menurunkan tim ke lapangan. “Untuk pembebasan lahan di Desa Srigonco seluas 2.5 hektar, kita sudah melakukan tinjauan lapangan, selanjutnya akan kita lakukan konsultasi publik,” terang Subur.

Selanjutnya pihaknya akan melakukan inventarisasi dan identifikasi. “Baru setelah itu akan kita lakukan pengumuman kepada masyarakat sekitar, kemudian pencairan dana dan terakhir pembayaran ganti rugi, yang anggaranya mencapai 9,8 Milyar. Ada 180 kepala keluarga yang terdampak,” beber Kadis Pertanahan Kabupaten Malang.

Perluasan jalan yang berakibat pembebasan lahan milik warga, menurut Subur, disambut secara terbuka oleh masyarakat Srigonco. “Tidak ada penentangan justru warga senang dengan adanya pelebaran jalan itu, hal itu juga memudahkan warga untuk berpergian kan,”pungkasnya. (diy)