Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Malang 2018

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebanyak 75 siswa SMA dan SMK yang terpilih dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Malang di Pendopo Panji Kabupaten Malang oleh Bupati Malang, DR. H. Rendra Kresna, Rabu (15/8/2018).

 

Pengukuhan Paskibraka Kabupoten Malang untuk Upacara HUT RI ke 73 oleh Bupati Malang, DR. H. Rendra Kresna.

DALAM sambutannya Bupati menerangkan bahwa para Paskibraka Kabupaten 2018 adalah para pemuda dan pemudi pilihan Kabupaten Malang. “Tidak semua pemuda dan pemudi bisa mendapatkan kesempatan yang beruntung,” tutur Bupati Malang.

Bupati pun berharap dengan kepercayaan yang diemban, para anggota Paskibraka Kabupaten Malang 2018 bisa melaksanakan tugas yang sebaik-baiknya pada Upacara HUT RI ke 73. Dalam kesempatan yang sama Rendra menyampaikan bahwa generasi muda saat ini harus paham jika para pendahulu Negara telah meletakkan empat pilar bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, Semboyan Bhineka Tunggal Ika dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

“Ditengah derasnya arus perubahan, yang mau tidak mau membawa dampak negatif sebagaimana dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini yang tengah diterpa isu yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan NKRI, para generasi muda harus mengetahui empat pilar kebangsaan warisan pendahulu bangsa,” urai Bupati Malang.

Sementara itu menurut Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang, Abdul Haris 75 siswa yang terpilih sebagai Paskibraka Kabupaten Malang 2018 disaring dari 834 siswa SMU dan SMK se-Kabupaten Malang. “Proses penyaringan hinga menjadi 75 orang dilakukan oleh tim dari Dodikjur Bela Negara dan PPI (Purna Paskibraka Indonesia-red),” jelas Abdul Haris.

Setelah menjalani proses seleksi 75 orang calon Paskibraka Kabupaten Malang 2018 ditetapkan 70 siswa menjadi Paskibraka Kabupaten Malang 2018 dan 5 siswa sebagai cadangan. “Setelah menjalani proses seleksi dan penyaringan, mereka dilatih oleh instruktur dari Dodikjur Bela Negara dan PPI selama dua minggu,” beber Sekretaris Dispora Kabupaten Malang.

75 orang Paskibraka ini nanti akan dibagi dalam 3 formasi, formasi 17, formasi 8 dan formasi 45. “Untuk Komandan Paskibraka Kabupaten 2018 adalah Letnan Satu Inf. Suyadi dari Depo Dodikjur Belanegara Rindam V Brawijaya, sedangkan pembawa bendera pusaka Riski Yandini Ifanka dari SMUN 1 Sumberpucung dan Sylvina Andela Syahrani dari SMUN 1 Turen,”pungkas Haris.

Sebagai acara penutup dalam pengukuhan Paskibraka Kabupaten 2018, Bupati Malang beserta Ibu Jajuk Rendra Kresna menyerahkan tali asih kepada para veteran pejuang kemerdekaan 1945. (diy)