Pendaftaran PPDB Online SMP Ditutup Kamis

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Bagi masyarakat Kabupaten Malang, Jawa Timur  yang mempunyai anak lulusan SD dan akan melanjutkan ke SMP, segera mendaftar,  karenq Pendaftaran  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online jenjang SMP tahun ajaran 2018/2019 telah dibuka sejak Selasa (05/06/2018) dan akan berakhir  Kamis (07/06/2018).

 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, M Hidayat

DITEMUI di ruang kerjanya, Rabu (06/06/2018), Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, M Hidayat mengatakan, hampir sepenuhnya PPDB di Kabupaten Malang mengacu pada zonasi.

“Sekitar 90 persen kita mengaju pada radius atau wilayah, karena menggunakan sistem zonasi. Sekitar 10 persen memang diperuntukan untuk anak kurang mampu, dan  5 persen untuk anak distabilitas, 5 persen kemudian untuk anak pejabat negara yang bertugas di zonasi itu,” kata Dayat.

Dengan adanya sistem zonasi itu, Dayat menjelaskan, tidak ada lagi predikat sekolah favorit atau tidak. Semua akan disamakan dengan zonasi itu. “Kalau ada yang mengundurkan diri, itu bisa. Tapi kalau memang sudah overload, keinginan tinggi, tapi kuota sudah full, tapi kalau kurang ya boleh saja dari mana saja masuk. Tidak ada favorit, jadi semua bisa merata,”paparnya.

Data yang diperoleh dari Dinas Pendidikan, ada 69 SMP Negeri di Kabupaten Malang yang siap menampung calon siswa dengan kuota yang sudah ditentukan sebelumnya melalui MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah).

“PPDB ini disesuaikan dengan MKKS. Ini sesuai dengan kesepakatan,” sambungnya.

Pendaftaran dan segala informasi mengenai PPDB SMP Zonasi di Kabupaten Malang periode 2018/2019 bisa dilihat melalui laman https://malangkab.siap-ppdb.com/#/0200/sekilas (diy)