Pencari Rumput Tenggelam di Sungai

MALANG, TABLOID JAWA TIMUR.COM – Setelah dinyatakan hilang sejak Rabu (02/05/2018), Sukiono (50), warga Desa Benjor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, akhirnya ditemukan hanyut di Sungai Lajing, Desa Bokor, Kecamatan Tumpang, Kamis (03/05/2018) pagi, sekitar pukul 08.30 WIB dalam kondisi meninggal dunia.

 

Proses pencarian Sukiono, korban tenggelam di Sungai Lajing, Desa Bokor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (02/05/2018) malam oleh Tim SAR, Polisi dan masyarakat desa setempat.

SEHARI SEBELUMNYA, diketahui, korban sedang merumput untuk pakan ternaknya di persawahan perbatasan antara Desa Bokor dan Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Sekira pukul 15.00 WIB, rekan korban menaikan rumput yang diperoleh ke atas tebing.

Saat kembali turun ke bawah, korban sudah tidak berada di tempatnya. Sempat dicari di sekitar lokasi, namun Sukiono tidak juga ditemukan. Warga pun akhirnya memberitahu perangkat desa setempat dan diteruskan melaporkan hilangnya korban ke Polsek Tumpang.

Upaya pencarian Sukiono sempat dilakukan oleh personil Basarnas, PMI, Polsek Tumpang, Sabhara Polres Malang serta potensi SAR lainnya hingga Rabu (02/05/2018) malam, pukul 21.00 WIB. Namun karena kondisi cuaca tidak memungkinkan,  akhirnya upaya pencarian dihentikan.

Namun pada Kamis (03/05/2018) pagi, sekira pukul 08.30 WIB, jazad korban akhirnya ditemukan. Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kapolsek Tumpang, AKP Yusuf Suryadi membenarkan penemuan mayat Sukiono Kamis pagi hari. “Benar, korban hilang sejak kemarin, pagi ini telah ditemukan di aliran Sungai Lajing dalam keadaan meninggal dunia, pukul 08.30 WIB,” terangnya.

Begitu dievakuasi, jenazah Sukiono langsung dilarikan ke IKF (Instalasi Kedokteran Forensik) RSSA (Rumah Sakit Saiful Anwar) Kota Malang untuk proses selanjutnya. “Sesuai prosedur, jenazah langsung kita bawa ke KM. Namun sesampai di sana,  pihak keluarga  menolak untuk dilakukan proses autopsi,” terang Yusuf.

Menurut Kapolsek Tumpang, diduga, penyebab korban tenggelam karena terpeleset dan akhirnya tercebur ke sungai. “Kondisi sungai memang bertebing. Kemungkinan korban yang sehari-hari bekerja menebang bambu ini, usai merumput,  terpeleset dan tenggelam di Sungai Lanjing. Dari pemeriksaan fisik tidak ada tanda kekerasan fisik,” pungkasnya. (diy)