Pemkab Malang Bantu Transportasi Jamaah Haji

MALANG,TABLOIDJAWATIMUR. COM – Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, berjanji akan membantu biaya transportasi para calon jamaah haji  (CJH) dari Kabupaten Malang ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya  PP (pergi pulang). Dari total kebutuhan transportasi sekitar Rp 700 juta, saat ini Pemeritah Kabupaten Malang baru membantu Rp 250 juta.

Ribuan calon jamaah haji Kabupaten Malang mengikuti manasik haji yang diselenggarakan Kemenag Kabupaten Malang di Kepanjen.

 

HAL INI disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Malang, HM Sanusi usai membuka manasik haji tingkat Kabupaten Malang yang diselenggarakan Kementerian Agama di Pendopop Kepanjen, Sabtu (15/06/2019) siang.

Para calon jamaah haji Kabupaten Malang saat mengisi daftar hadir saat manasik haji yang diselenggarakan Kemenag Kabupaten Malang di Kepanjen.

“Biaya transportasi jamaah haji dari  Kabupaten Malang ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya dan saat kembali lagi ke Kabupaten Malang, akan dibantu Pemerintah Kabupaten Malang. Sementara ini yang tersedia Rp 250 juta. Sedangkan kebutuhannya sekitar Rp 700 juta. Jadi  masih kurang Rp 450 juta,” kata Sanusi kepada wartawan.

Sanusi menambahkan, kekurangan bantuan  transportasi sebesar Rp 450 juta, akan diajukan saat Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD Juli 2019 ini. “Kalau bisa dipenuhi saat PAK nanti,  ya akan dipenuhi. Tapi kalau tidak bisa dipenuhi tahun ini, berarti akan dipenuhi tahun 2020. Jadi bantuannya untuk pemberangkatan CJH 2020,” terangnya.

Bagaimana dengan uang transportasi yang sudah terlanjur dibayar para CJH? “Ya  harus dikembalikan kepada para jamaah,” tandasnya.

Soal bantuan transportasi dari Kabupaten Malang ke Surabaya ini pun disampaikan secara langsung oleh Plt Bupati Malang, Sanusi di hadapan ribuan CJH yang memadati pendopo di Kepanjen.

“Ada bantuan transportasi bagi para jamaah haji dari Kabupaten Malang ke Surabaya. Saat ini sudah tersedia Rp 250 juta. Tapi katanya yang dibutuhkan Rp 700 juta. Saya tidak tahu kalau kebutuhannya sebesar itu, karena Kementerian Agama tidak bilang ke saya.  Kalau bilang tentu akan dibantu. Pokoknya, jamaah haji jangan sampai bayar-bayar lagi, termasuk bayar transportasi ke Surabaya,” katanya.

Pada musim haji 2019 ini, para CJH dikenai biaya transportasi sekitar Rp 250 ribu per orang. Biaya bini dipakai untuk sewa bus PP (pergi pulang) dari Malang ke Surabaya dan sebaliknya.  Selain itu biaya ini juga dipakai untuk konsumsi para CJH selama perjalanan ke Surabaya. (iko/mat)