Pelayanan Publik Polresta Malang Sangat Baik, Kementerian PAN RB Beri Penghargaan

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Polres Malang Kota, Jawa Timur mendapatkan predikat sangat baik dalam penilaian pelayanan publik yang dilakukan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

 

Kapolres Malang Kota, AKBP Doni Alexander, SIK, MH, menerima penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Tjahyo Kumolo.

PIAGAM penghargaan diserahkan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Tjahyo Kumolo kepada Kapolres Malang Kota, AKBP Doni Alexander di Holiday Inn Kemayoran Jakarta, Jl. Griya Utama, Sunter, Jakarta Utara, Rabu (20/11/2019).

Kapolres Malang Kota, AKBP Doni Alexander menjelaskan,  penghargaan ini merupakan hasil kerja keras personil di bidang pelayanan. “Penghargaan pelayanan publik ini merupakan hasil kerja keras semua personil di bidang pelayanan. Semua bersemangat untuk terus mengembangkan diri dengan kreatifitas dan inovasi. Sehingga, ke depan, akan menjadi lebih baik,” tuturnya,  usai menerima penghargaan.

Doni  melanjutkan, ada 14 komponen yang menjadi standar pelayanan yang dilakukan kepada masyarakat. Sesuai Undang Undang nomor 25/ 2009 tentang Pelayanan Publik, 14 komponen itu meliputi persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedur, jangka waktu pelayanan, biaya, produk pelayanan, penanganan pengadauan, saran dan masukan, dasar hukum, sarana prasarana, kompetensi pelaksana, pengawasan internal, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan, serta evaluasi kinerja pelayanan.

Kapolres Malang Kota, AKBP Doni Alexander, SIK, MH, bersama Kasat Lantas, AKP Ari Galang Saputra, SIK, usai menerima piagam penghargaan dari Kementrian PAN RB.

Hadir dalam kegiatan itu, Tjahyo Kumolo, Menteri PAN RB, Prof. Dr. Diah Natalia, MBA (Deputy Pelayanan Publik), pejabat Kementerian PAN RB, PJU Mabes Polri, 207 Kapolres se Indonesia beserta pejabat Polres dan undangan lainnya.

Sebelumnya, Kementerian PAN RB melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik. Itu dilakukan untuk memberikan percontohan bagi unit penyelenggara pelayanan publik,  khususnya Polri, sehingga dapat  mendorong pertumbuhan ekonomi dan memberi dampak bagi kesejahteraan masyarakat.

Polres Malang Kota pantas mendapatkan penghargaan tersebut. Mengingat, bersama Polsek jajaran, terus meningkatkan pelayanan publik. “Ini juga menjadi salah satu bentuk aplikasi dan peningkatan layanan sebagai proses yang telah memperoleh WBK dan menuju WBBM kepada masyarakat. Polri saat ini sudah jauh lebih baik melalui program Profesional Modern Terpercaya (Promoter),” pungkas Kapolresta. (ide/mat)