Pelatihan Jurnalis Hukum di Rangkaian HPN Jatim 2019

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur bersama Komunitas Media Pengadilan dan Kejaksaan (KOMPAK), menggelar pelatihan jurnalis hukum, Kamis (14/03/ 2019) di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

 

Salah satu pembicara, Aspidsus Kejati Jatim Didik Farkhan.

JELANG pelaksanaan pelatihan, jumlah peserta yang mendaftar cukup tinggi. Lebih dari 100 jurnalis dari berbagai media mendaftarkan diri mengikuti kegiatan.

“Hingga H-1, sudah tercatat 111 wartawan cetak maupun elektronik yang mendaftar. Kawan-kawan wartawan cukup antusias dengan kegiatan ini. Selain Surabaya dan Sidoarjo, ada juga dari Gresik dan Banyuwangi,” terang Ketua KOMPAK, Budi Mulyono, Rabu (13/03/2019).

Ahmad Riyadh.

Tingginya animo peserta ternyata di luar dugaan. Panitia hanya menargetkan 75 peserta. “Tidak hanya wartawan hukum saja, kita memang mengundang wartawan dari pokja-pokja lain, seperti wartawan ekonomi, politik maupun olahraga, kita undang semua. ternyata sambutannya positif, ” terang Budi.

Dalam pelatihan ini menghadirkan  tiga pembicara. Mereka adalah Aspidus Kejati Jatim yang semasa kuliah  pernah menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Manifest milik Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Malang, Didik Farkhan Ali, SH; Aadvokat sekaligus dosen Umsida, Ahmad Riyadh, SH, yang juga alumni Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, serta Ketua Dewan Kehormatan PWI Jatim, Joko Tetuko.

Dua pembicara, Didik Farkhan dan Ahmad Riyadh akan berbagi ilmu dengan para jurnalis terkait hukum acara pidana dan perdata. Sementara Joko Tetuko bakal memberikan materi terkait standart karya jurnalistik berbasis kompetensi.

“Ketiga narasumber sudah menyatakan siap hadir dan berbagi ilmu tentang hukum dan jurnalistik. Mudah-mudahan kegiatan ini nanti berjalan lancar dan membawa manfaat bagi kita semua, ” imbuh Budi, jurnalis media cetak Harian Surabaya Pagi ini. (ang)