Pascasarjana UB Juara 1 Best Cultural Video SEARCA

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Video yang menggambarkan budaya dan etnik, makanan tradisional khas Jawa Timur, serta tempat wisata yang dibuat mahasiswa Pascasarjana Universitas Brawijaya menyabet juara 1 “Best Cultural Video” pada University Consortium Graduate Forum Pusat Regional Asia Tenggara untuk Studi Pascasarjana dan Penelitian Pertanian (SEARCA).

 

Inilah Tim Pascasarjana Universitas Brawijaya yang menyabet juara 1 “Best Cultural Video” pada University Consortium Graduate Forum Pusat Regional Asia Tenggara untuk Studi Pascasarjana dan Penelitian Pertanian (SEARCA).

 

ACARA tahunan bagi anggota UC SEARCA  (berpusat di Filipina) ini diikuti beberapa kampus dari berbagai negara, seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Taiwan, Thailand, dan Jepang. Tujuannya, untuk berbagi pengetahuan, ide penelitian, dan pengalaman baru dalam platform terbuka.

Salah seorang anggota tim pembuat video, Paramyta Nila Permanasari, menjelaskan,  pembuatan video budaya Jatim pada UCGF ini merupakan kombinasi ide dari tim UB, yaitu dirinya, Bosha, Yogita, Yunika, dan Filoza.

Myta, panggilan Paramyta Nila Permanasari, berharap,  melalui video yang dibuat dapat mengangkat sisi budaya Jawa Timur sebagai daerah yang beragam dan bersatu dengan budaya daerah yang dimiliki. “Aspek budaya yang tertuang pada video meliputi sosial masyarakat, tarian, wisata alam,  dan kuliner khas Jawa Timur, khususnya di Malang,” katanya, belum lama ini.

Pembuatan video ini terbagi dalam beberapa sub tema, baik dari kuliner, budaya,  dan wisata yang ada di Malang dan daerah lain di Jawa Timur. Pembukaan awal berupa perkenalan profil Universitas Brawijaya sebagai anggota UC SEARCA. Profil UB disampaikan Prof. Sasmito Djati, Executive Officer UC Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA).

UCGF adalah acara yang mendorong lintas disiplin ilmu, mempromosikan penelitian yang lebih besar melalui kemitraan strategis di antara anggota UC, serta memperkuat hubungan di antara anggota UC.

Sementara itu, kampus yang menjadi anggota UC, antara lain  Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Putra Malaysia, Kasetsart University, University of the Philippines Los Banos, Tokyo NODAI (Jepang), dan National Taiwan University.

UCGF 2020 diselenggarakan secara virtual,  10 – 11 Desember 2020 oleh Universitas Gajah Mada Yogyakarta selaku tuan rumah. Tema yang diangkat,  Resilient Food and Agricultural System for Accelerating Economic Recovery: Strategy and Implementation.

Koordinator SEARCA Universitas Brawijaya, Dr. Panji Deoranto, STP, MP, mengatakan, pada kesempatan ini Universitas Brawijaya berpartisipasi untuk mengikuti acara UCFG 2020.

Tim Universitas Brawijaya diwakili mahasiwa pascasarjana, antara lain Paramyta Nila Permanasari (Fakultas Pertanian), Yunika Nisa Afifa (Fakultas Teknologi Pertanian), Yogita Ayu Dwi Susanti (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), Filoza Marwi (Fakultas Peternakan) dan Mohammed Al-hadi Ibrahim Bosha (Fakultas Pertanian).   (div/mat)