Omset Pedagang Pasar Takjil Rp 500 Ribu/Hari

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Datangnya bulan puasa Ramadhan membawa berkah bagi sebagian masyarakat Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pasar takjil yang digelar selama Ramadhan, membuat pendapatan mereka pun ikut terdongkrak. Omsetnya  bisa mencapai Rp 500 ribu per hari.

 

Camat Kepanjen Abai Saleh meninjau Pasar Takjil di Kantor Pos Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

 

Masyarakat diuntungkan dengan adanya Pasar Takjil selama bulan Ramadhan.
Pendapatan pedagang pasar takjil bisa mencapai Rp 500 ribu sehari.

Hal itu diungkapkan Camat Kepanjen, Abai Saleh saat meninjau  pasar takjil di pelataran Kantor Pos Kepanjen, Kamis (31/05/2018).

Menurut Abai, hampir semua desa dan kelurahan di Kecamatan Kepanjen membuka pasar takjil. “Ada 22 titik pasar takjil di wilayah Kepanjen. Kami hanya memantau agar tidak terjadi kemacetan dan memfasilitasi tempat. Untuk kota Kepanjen, kami tempatkan di dua titik, di pelataran Kantor Pos ini dan di timur Stasiun Kereta Api Kepanjen,” terangnya.

Dengan maraknya pasar takjil yang rata- rata penjualnya adalah warga setempat, ternyata mampu mendongkrak pendapatan para warga. “Lumayan meningkatlah pendapatan mereka. Bisa naik ratusan ribu per harinya,” ungkap Abai.

Pernyataan Camat Kepanjen tersebut diamini salah satu pedagang yang berjualan di pasar takjil Kantor Pos Kepanjen, Susi (32). “Kalau tahun ini agak menurun. Sekarang,  per harinya,  dapat Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu. Sedangkan tahun lalu bisa sampai Rp 500 ribu  – Rp 700 ribu,” urai Susi yang berjualan rujak manis.

Selain bisa mendongkrak perekonomian masyarakat, dengan adanya pasar takjil,  juga memudahkan ibu rumah tangga yang bekerja untuk menyiapkan menu berbuka puasa. “Bagi kaum ibu yang bekerja, adanya pasar takjil ini, cukup meringankan beban kami. Tinggal mencari menu yang cocok di sini buat keluarga di rumah. Kalau masak sendiri, ribet mas kalau puasa,” ujar Putri (30),  karyawan instansi pemerintah yang sedang berbelanja.

Dengan beragamnya menu yang tersedia di pasar Ramadhan Kepanjen, pembeli tinggal memilih apa yang cocok. Mulai dari sajian takjil untuk membatalkan puasa hingga makanan berat untuk berbuka. Dari aneka es dan kolak sampai ikan dan ayam bakar tersedia di pasar takjil Kepanjen ini dengan harga terjangkau. (diy)