Natal dan Tahun Baru, PMI Siagakan Posko di Tujuh Titik

Salah satu posko Pamkes PMI Kabupaten Malang.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Natal dan tahun baru seringkali digunakan sebagian untuk berlibur di akhir tahun, menyikapi hal itu PMI Kabupaten Malang melakukan pengamanan kesehatan (Pamkes) di tujuh titik di wilayah Kabupaten Malang, hal itu disampaikan Kasi Pelayanan PMI Kabupaten Malang, Amirul Yasin, Jumat (21/12/2018).

 

MENURUT Yasin, Pamkes Natal dan Tahun Baru merupakan agenda kegiatan yang rutin dilakukan PMI Kabupaten Malang. “Hal ini sebenarnya agenda rutin kami, namun senantiasa kami evaluasi, apa yang perlu dibenahi, dan harus ditambahkan sesuai dengan kondisi yang ada setiap tahunnya,”terang Kasi Pelayanan PMI Kabupaten Malang.

Berdasarkan pengalaman dan evaluasi Pamkes Natal dan Tahun Baru di tahun kemarin, PMI Kabupaten Malang akan membuka tujuh Posko Pamkes.

“Pamkes Natal dan Tahun Baru 2019 akan dimulai besok pagi di Markas Komando PMI Kebonagung, dan PGD Bedali Lawang sampai 2 Januari 2019. Pamkes tahun ini sama dengan tahun kemarin ada 7 Posko yang kami dirikan. Kami berperan dari wilayah yang belum dicover Dinkes,”urai Yasin.

Tujuh Posko Pamkes itu adalah Markas PMI Kabupaten Malang di Kebonagung Kecamatan Pakisaji, PGD Bedali Kecamatan Lawang, Coban Rondo Kecamatan Pujon, Pos PMI Turen, Kedungsalam Kecamatan Donomulyo dan Pantai Wisata Balekambang, serta perempatan Bajulmati Kecamatan Gedangan.

“Di tiap Posko dilengkapi ambulance dan paramedis, khusus di Balekambang kita tambah dua perahu karet,”papar Kasi Pelayanan PMI Kabupaten Malang.

Tujuan dari Pamkes ini menurutnya adalah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, serta memberikan P3K. “Pada dasarnya kita menjaga keselamatan manusia serta memberikan bantuan pertolongan pertama pada kecelakaan saat terjadinya accident,” ujar pria asal Gondanglegi.

Khusus kepada masyarakat yang hendak mudik untuk merayakan Natal dan liburan akhir tahun, Yasin menghimbau agar masyarakat mempersiapkan segala sesuatunya. “Karena ini musim hujan, cari informasi tempat yang dituju, bagaimana kondisi cuaca dan kepadatan arus lalu lintasnya, jangan lupa bawa bekal, agar terhindar dari kelaparan diperjalanan saat terjadi macet,” himbau Kasi Pelayanan PMI Kabupaten Malang. (diy)