Menristekdikti Berikan Program Mahasiswa Wirausaha

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. Dr. Ir. M. Nasir berpesan, mahasiswa bidik misi Universitas Brawijaya (UB) tidak hanya menggunakan ijazah untuk mencari kerja tapi juga keahlian. 

 

 

Menristekdikti Prof. Dr. Ir. M. Nasir saat berikan kuliah tamu mahasiswa Bidikmisi di UB.

DEMIKIAN disampaikannya dalam Kuliah Umum “ Kebijakan Kementerian Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 ” di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, kepada 4000 mahasiswa Bidikmisi, Rabu (27/3/2019).

“Menjadi lulusan perguruan tinggi harus mempunyai kemampuan. Saat ini di era revolusi industri 4.0. Yang dibutuhkan bukan hanya ijazah tapi keahlian,” tuturnya.

Menurutnya, di jaman revolusi industri tenaga manusia secara perlahan namun pasti, akan  tergantikan mesin atau Cyber Physical System. Bisa dilihat di jalan tol, yang menggunakan e-money untuk transaksi pembayarannya.

Tidak hanya itu, dibutuhkan juga kreatifitas inovasi yang memunculkan wirausaha muda, bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Munculnya start up unicorn, saat ini menjamur di Indonesia salah satu contoh kreatifitas anak muda di era revolusi industri.

“Jika ada kemauan pasti ada jalan. Kami di Ristekdikti mempunyai program untuk memacu jiwa entrepreneurship, melalui program mahasiswa wirausaha,”katanya. (ide)