Menpora Pimpin Upacara HUT RI, Indonesia Raya Berkumandang di Makkah

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi yang menjadi inspektur upacara HUT RI Ke-74 di Hotel Arkan Bakkah sedang membaca teks Pancasila.

MAKKAH, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Di sela-sela kesibukan melayani jamaah haji, petugas haji Indonesia, menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 di Hotel Arkan Bakkah 511 lantai M, Sabtu (17/08/2019), pukul 07.30 waktu Makkah atau sekitar pukul 12.30 WIB.

 

Ketua kloter 18 Surabaya asal Kabupaten Malang, Muhajir (paling kanan) mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 di Hotel Arkan Bakkah 511, Makkah.

UPACARA yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dr. Imam Nahrowi  ini dikuti ratusan petugas haji Indonesia, termasuk petugas dari Kabupaten Malang, Jawa Timur, baik ketua kloter maupun petugas kesehatan.

Meski tak. ada umbul-umbul atau atribut lain yang berkibar seperti layaknya upacara HUT Kemerdekaan RI di tanah air, namun banyaknya petugas haji yang mengikuti upacara, membuat suasana lantai M di Hotel Arkan Bakkah, tempat diselenggarakannya upacara, menjadi semarak.

Peserta Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 di Hotel Arkan Bakkah 511, Makkah yang berasal dari petugas haji Indonesia 2019.

Suasana heroiik mulai terasa saat Inspektur Upacara, Imam Nahrowi membacakan teks Pancasila. Suasana nasionalisme itu pun semakin membakar dada saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan. Meski tak ada prosesi pengibaran sang saka merah putih, namun semangat patriotik dan nasionalisme begitu terasa di lokasi upacara.

“Meski tak ada prosesi pengibaran bendera, namun di sisi saya ini sudah berkibar bendera merah putih. Ini menunjukkan bahwa sebagai negara yang berdaulat, di tengah kesibukan para petugas melayani jamaah haji, namun masih sempat mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI. Semangat ini harus tetap dijaga. Dimanapun berada, harus tetap cinta dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Imam Nahrowi dalam sambutannya.

Petugas haji Kabupaten Malang bersama Menpora, Dr Imam Nahrowi usai upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 di Makkah.

Dia menambahkan, dimanapun kita bertugas, harus tetap menyalurkan energi positip cinta NKRI. “Semoga dengan upacara ini, jadi spirit kita semua, karena meski ada tugas berat melayani jamaah haji, kita tetap menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 tahun,” katanya.

Upacara yang berlangsung sekitar setengah jam ini ditutup doa. Selanjutnya Menpora, Dr. Imam Nahrowi memotong kue tart. Potongan kue tart tersebut diserahkan kepada Ketua Sektor Lima, Abdul Haris. (rahmat, makkah)