Manfaat Bambu

Hasil kerajinan limbah batang bambu milik Jumarno.

DI INDONESIA terdapat lebih kurang 125 jenis bambu. Beberapa jenis bambu tertentu mempunyai manfaat atau nilai ekonomis tinggi.

AKAR: Akar bambu, selain sebagai penahan erosi guna mencegah kebanjiran, juga berperan menangani limbah beracun akibat keracunan merkuri dengan cara menyaring air yang terkena limbah tersebut melalui serabut-serabut akarnya. Selain itu, akar bambu juga mampu melakukan penampungan mata air sehingga bermanfaat sebagai sumber penyediaan air sumur.

BATANG: Batang bambu yang masih bulat dapat dimanfaat-kan untuk komponen bangunan rumah seperti dinding, atap, lantai, pintu jendela, dan tiang; juga sebagai komponen kon-struksi jembatan, pipa, saluran air dan sebagainya. Batang bambu yang sudah dibelah banyak dimanfaatkan untuk indus-tri kerajinan tangan dalam bentuk anyaman atau ukiran, pera-bot rumah tangga. Industri furniture seperti meja, kursi, lemari rak dan tempat tidur. Bambu bentuk serat dapat dimanfaatkan untuk industri pulp dan kertas.

DAUN: Untuk daun bambu, masyarakat tradisional biasa menggunakan sebagai alat pembungkus, misalnya makanan kecil seperti uli dan wajik. Di beberapa daerah, daun bambu merupakan obat tradisional untuk mengobati demam/panas pada anak-anak. Hal ini disebabkan daun bambu mengandung zat yang bersifat men-dinginkan sehingga panas dalam dapat dengan mudah diredakan. Daun bambu muda yang tumbuh di ujung cabang dan berbentuk runcing juga sangat mujarab bagi mereka yang tidak tenang pikiran atau malam hari tidak bisa tidur. Cara penggunaannya adalah daun tersebut direbus dengan air kemudian diminum.

REBUNG / TRUBUS BAMBU / TUNAS BAMBU: Sedangkan manfaat dari tunas bambu, yang lebih dikenal sebagai rebung atau trubus bambu adalah sebagai bahan pangan yang tergolong kedalam jenis sayur-sayuran. Namun, tidak semua jenis bambu dapat dimanfaatkan rebungnya untuk bahan pangan karena rasanya ada yang sangat pahit.

TANAMAN OBAT: Saat ini, Bangsa Cina telah memproduksi cairan bambu dalam kemasan botol yang banyak diekspor ke luar negeri. Obat cairan ini disebut Cuk li sui yaitu ramuan cairan bambu yang digabungkan dengan benalu untuk menyembuhkan lumpuh badan sebelah yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. Bagi penyakit yang begitu berat, obat tersebut dapat membebaskan saluran pembekuan otak yang terhenti sehingga penderita dapat cepat sembuh.

TANAMAN HIAS: Tanaman bambu banyak pula yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Mulai dari jenis bambu kecil, batang kecil, lurus, dan pendek yang banyak ditanam sebagai tanaman pagar di pekarangan.*