Mahasiswa Universitas Brawijaya Ciptakan Penghilang Bau Badan

Mahasiswa Universitas Brawijaya saat meraih penghargaan.

Bau badan yang kadang kurang sedap sering membuat orang tak nyaman, baik bagi dirinya sendiri maupun orang di sekitarnya. Tidak jarang hal itu membuat orang minder berkumpul dengan orang lain. Namun kini tidak perlu khawatir lagi, karena tiga mahasiswa program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB), Surya Diki Andrianto, Rachdian Rizqi Abadi, Septia Astuti, dan dibimbing Ir. Bambang Ismuyanto, MS, berhasil menciptakan Deodoran Limbah Aluminium.

Namanya Alumunium Cans Antiperspirant Deodorant (Alcandeon), alat penghilang bau badan yang terbuat dari limbah alumunium. “Limbah alumu-nium bisa didapatkan dari kaleng atau bekas alumunium foil pada kemasan obat dan minuman instan,” jelas Surya Diki, saat ditemui Selasa (26/7/2016) di kampusnya.

Alcandeon bahkan berhasil meraih penghargaan pada ajang 2nd International Art Creativity & Engineering Exhibition (2nd I+ACEH) yang diselenggarakan Universitas Ubudiyah Indonesia (UUI) di Banda Aceh, (20 – 2/7/2016).

Pada kompetisi ini, penghargaan di bidang Environment berupa Gold Medal dan Special Award dari Association Innovation Award (AIA) Korea Selatan dapat diraihnya. Ajang ini diikuti 60 peserta dari siswa tingkat SMA/SMK dan mahasiswa lintas negara seperti Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Kamboja dan Korea Selatan.
“Ini terinspirasi dari sulitnya limbah alumunium terdegradasi dari ling-kungan. Di lain sisi, alumunium meru-pakan salah satu unsur penyusun tawas, bahan dasar deodoran,” pungkas Surya Diki.*