TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Mahasiswa UMM menyerahkan bibit untuk penghijauan Desa Singgahan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Mahasiswa UMM Branding Desa Wisata Singgahan

Mahasiswa UMM menyerahkan bibit untuk penghijauan Desa Singgahan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

MADIUN, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam Program Pengabdian Masyarakat (PMM) me-rebranding Desa Singgahan, Kecamatan Kebonsari,  Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Selasa (16/02/2021).

 

TIM YANG beranggotakan Rosita Ayu Dyah Setiyani dan Aulia Aziza ini prihatin, karena  perangkat desa ini telah paruh baya. Sedangkan para anak muda kebanyakan merantau ke luar negeri.

Mahasiswa UMM menunjukkan peyek yang menjadi produk Desa Singgahan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

“Karena pengurus desa wisata kebanyakan orang tua, mereka tidak dapat memanfaatkan teknologi dengan baik. Akhirnya kami membantu dalam hal tata kelola wisata dan promosi, termasuk melalui media social,” kata Rosita, belum lama ini.

Wisatawan yang datang ke Desa Singgahan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, bisa naik kuda untuk mengelilingi desa wisata.

Mahasiswa kelahiran Madiun ini menambahkan,  tim  ini juga memberikan bantuan bibit tanaman kepada para pengurus desa. Selain untuk memperindah tempat wisata, juga dapat menjadi salah satu upaya mencegah banjir dan tanah longsor.  “Desa wisata ini berada di tepi sungai sehingga rawan bencana. Karena itu kami memutuskan  memberi bantuan bibit tanaman,” lanjut Rosita.

Tak hanya itu, Rosita dan Aziza juga membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di desa tersebut untuk meningkatkan nilai produk yang dihasilkan. Keduanya memberikan bekal cara pengemasan hingga  labeling produk makanan ringan dan bumbu pecel.

“Produk UMKM di Desa Singgahan sudah cukup terkenal. Namun mereka belum mengerti bagaimana pembuatan packaging yang bagus serta fungsi  labeling. Karena itu kami mengadakan sosialisasi,” jelas  Rosita.

Rosita berharap,  pengabdian yang dilakukan timnya dapat berdampak baik bagi warga desa. “Semoga Desa Wisata Singgahan ini akan terus maju dan berkembang agar kelak dapat meningkatkan perekonomian warganya,” pungkasnya.  (div/mat)