Mahasiswa KKN UTM, Berikan Pelatihan Marketing Online dan Desain Grafis

BANGKALAN, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata, Rabu (10/7/2019) di Desa Duwek Buter Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan mengadakan program kerja yang dinamakan Pojok Multimedia, program kerja ini dilaksanakan oleh kelompok KKN 56 UTM. Pojok Multimedia ini memiliki sasaran ibu-ibu generasi milenial dan para pemuda-pemudi Desa Duwek Buter. Dari Program Kerja yang ketiga dari kelompok KKN 56 yaitu Pojok Multimedia ini berisikan kegiatan Online Marketing dan Desain Produk.

 

 

Kelompok KKN 56 UTM saat memberikan pelatihan.

KEGIATAN ini diikuti oleh pemuda-pemudi hingga ibu-ibu generasi milenial di Ds. Duwek Buter agar masyarakat di Ds. Duwek Buter lebih memahami manfaat dari adanya teknologi saat ini. Dengan adanya teknologi saat ini memang merupakan sebuah pedang bermata dua, sehingga ketika pengguna dari teknologi tersebut tidak bisa mengontrol keberadaan dari adanya teknologi maka secara tidak langsung pengguna tersebut akan terjerumus didalamnya.

Dengan pertimbangan tersebut, Kelompok KKN 56 UTM ingin berbagi pengalaman bersama warga di Ds. Duwek Buter mengenai pemasaran berbasis online dan pelatihan desain produk. Hal ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengangkat perekonomian dari desa hingga mengembangkan adanya produk unggulan khas dari Ds. Duwek Buter.

Kegiatan ini dimulai dengan salam pembukaan dari Sdr. Arif selaku Koordinator Desa dari Kelompok KKN 56 dan dilanjutkan dengan sharing materi tentang Online Marketing. Pada sesi materi Online Marketing masyarakat tampak antusias karena ada beberapa yang sudah mencoba memulai kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan social media seperti Whatsapp, dll. Pada pembahasan Online Marketing ini lebih memfokuskan pada pemanfaatan platform e-commerce yang saat ini sudah banyak berkembang dan memiliki banyak user di Indonesia sendiri.

Setelah berakhirnya sesi sharing online marketing, dilanjutkan dengan materi pelatihan design yang dipimpin oleh Sdr. Treno Septian. Pada kesempatan ini masyarakat Ds. Duwek Buter memprakterkkan secara langsung bagaimana tim KKN 56 mendesain kemasan produk dalam kegiatan sebelumnya yaitu Produk Unggulan Desa. Walaupun terdapat kendala device dalam pelaksanaan sesi pelatihan desain, namun minat dari masyarakat masih cukup antusias.

Dengan adanya sharing tentang online marketing dan pelatihan desain yang dilakukan oleh Kelompok KKN 56 UTM, diharapkan masyarakat di Ds. Duwek Buter tertarik untuk memulai bisnis jual-beli secara elektronik dengan mengandalkan strategi-strategi bisnis seperti desain yang menarik dan sebagainya. Semoga kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kelompok KKN 56 yang bernama Pojok Multimedia dapat bermanfaat bagi masyarakat di Ds. Duwek Buter. ” Semoga apa yang di berikan oleh kita kepada warga Desa Duwek Buter dapat memberikan manfaat jangka panjang dan bisa mengangkat perekonomian desa ini yang mana mayoritas petani”. Ujar Arif selaku koordinator desa kelompok KKN 56. (Presti Surya Lesmana)