TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Mahasiswa KKN UMM Gagas Program Posyandu Hijau

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Divisi kesehatan lingkungan dari kelompok KKN 146 Universitas Muhammadiyah Malang di Tempursari – Lumajang telah menggagas sebuah program kegiatan yang bertemakan “Posyandu Hijau.” Melombakan kegiatan yang bertajuk penghijauan dalam area seluruh posyandu yang ada di desa Tempursari dan membudidayakan tanaman herbal sebagai obat herbal yang dapat digunakan oleh masyarakat. Dengan tujuan meningkatkan kreatifitas ibu-ibu yang membina posyandu agar lebih kompeten dalam menjaga kebersihan dan keasrian lingkungan posyandu.

 

 

Kegiatan Posyandu hijau.

KEGIATAN Posyandu Hijau ini berhasil melibatkan sejumlah 11 posyandu yang tersebar dalam berbagai dusun yang ada di Tempursari. Kegiatan tersebut dimulai pada 23 Juli 2019 sampai dengan 4 Agustus 2019.

Sedangkan proses penilaian dilaksanakan pada tanggal 5-8 Agustus 2019. Kegiatan Posyandu Hijau ini bersifat lomba dan akan diberikan reward kepada 3 posyandu terpilih sebagai Posyandu Hijau. Pihak KKN dalam penilaian kegiatan tersebut menggandeng beberapa elemen masyarakat yakni pihak Kecamatan, Puskesmas, PKK, dan pihak KKN. Seluruh elemen tersebut bersatu dalam proses penilaian agar mendapatkan hasil yang objektif.

Respon dari seluruh posyandu sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Karena kegiatan tersebut dinilai sangat substansial terutama dalam menyongsong bulan Kemerdekaan. Harapan dari pihak KKN selaku penggagas kegiatan tersebut adalah dalam kegiatan Posyandu Hijau ini, selain meningkatkan penghijauan juga mengoptimalkan tanaman herbal sebagai obat-obatan, oleh karena itu dari pihak KKN sejak awal sangat menganjurkan seluruh posyandu untuk melakukan penghijauan dengan tanaman obat-obatan. Dan menurut hasil observasi seluruh posyandu melakukan penghijauan menggunakan tanaman obat-obatan dan tercatat bahwa seluruh posyandu lebih bersih dan terjaga kebersihannya.*