Mahasiswa KKN 146 UMM, Sosialisasi Biasakan Cuci Tangan Sejak Dini

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Divisi Kesehatan Lingkungan KKN 146 Universitas Muhammadiyah Malang di Tempursari – Lumajang telah menggagas sebuah kegiatan yang inovatif dan bermanfaat. Kegiatan cuci tangan yang baik dan benar dilaksanakan di SDN 01 Tempursari selama satu minggu, dimulai tanggal 22 Juli 2019 sampai dengan 27 Juli 2019.

.

Sejak dini, biasakan cuci tangan dengan bersih.

 

KEGIATAN ini digagas untuk memberikan pengajaran dan kebiasaan kepada siswa SD agar membiasakan sejak dini untuk cuci tangan dengan bersih sebelum memulai pembelajaran di sekolah. Selama satu minggu seluruh siswa SD kelas 1-6 diberikan stimulus untuk cuci tangan dengan bersih dimulai dengan memungut sampah pada sekitar sekolah agar muncul inisiatif dan kebutuhan untuk membersihkan tangan dengan bersih.

Kegiatan tersebut berjalan lancar tanpa kendala, dan mendapat banyak respon positif serta antusiasme yang tinggi dari pihak sekolah. Harapannya kegitan ini dapat memberikan contoh kepada sekolah lain untuk membiasakan cuci tangan bersih sebelum melakukan kegiatan pembelajaran. Selama satu minggu seluruh anggota KKN 146 dikerahkan untuk menjadi tenaga pendamping untuk mencontohkan cuci tangan bersih dan benar pada setiap kelas. Dari berjalannya kegiatan tersebut bukan hanya keberhasilan dalam membiasakan cuci tangan sebelum masuk kelas dan memulai pembelajaran, namun juga tercipta sebuah hubungan yang ramah dan hangat antara seluruh anggota KKN dengan pihak sekolah, serta seluruh siswa.

Setelah 1 minggu program tuntas dijalankan, dilanjutkan dengan pemantauan selama 3 hari yang diacak dalam kurun waktu 1 minggu. Hasil dari pemantauan tersebut adalah seluruh siswa kini telah terbiasa untuk melakukan cuci tangan dengan bersih sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, tentunya dalam pantauan pihak sekolah. Semoga terus menjadi keberlanjutan yang baik. (Mahasiswa KKN Kelompok 146 UMM)