TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Para panitia offline dan dr. Ali Haedar, Sp.EM di gedung FKUB.

Mahasiswa FKUB Gelar Workshop Resusitasi Jantung Paru

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB), Malang, Jawa Timur, mengadakan workshop semi-offline mengenai Resusitasi Jantung Paru (RJP) di gedung Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Kota Malang, Senin (02/08/2021)

 

Para panitia offline dan dr. Ali Haedar, Sp.EM di gedung FKUB.

 

Sesi percobaan melakukan praktik RJP secara langsung yang dilakukan oleh mahasiswa.

KETUA Pelaksana Health Corner, Muhammad Rico Abdul Karim, mengatakan, workshop mengenai Resusitasi Jantung Paru (RJP) ini merupakan salah satu bentuk kepeduliaan terhadap penyakit jantung di Indonesia. “Workshop ini diadakan secara semi-offline, dimana kegiatan workshop ini dilaksanakan secara offline tetapi juga ditayangkan secara online bagi para peserta,” katanya belum lama ini.

Muhammad Rico Abdul Karim menjelaskan, health corner merupakan kegiatan pelayanan dan edukasi kesehatan oleh mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB). “Saat ini kita melaksanakan rangkaian kegiatan yang kedua,  yaitu workshop.  Tema yang diusung,  mengenai kegawatdaruratan jantung di masa pandemic COVID 19, ” terangnya saat sambutan pembukaan  Health Corner 2021.

Dia menambahkan, mengingat kondisi sekarang yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan secara full offline, sehingga kegiatan workshop ini dilakukan  semi-offline.

Sesi perbincangan antara moderator yaitu Citra Fadia dan pemateri workshop yaitu dr. Ali Haedar, Sp.EM

Sebanyak 359 peserta, terdiri dari  masyarakat umum dan mahasiswa dari berbagai macam jurusan dan universitas, menghadiri kegiatan workshop semi-offline ini. Hal ini terlihat dari jumlah participant yang hadir di zoom. “Kami berharap, dengan kegiatan yang dilakukan secara semi-offline ini, masyarakat dapat berpatisipasi tanpa harus datang ke tempat pelaksanaan,” harap Muhammad Rico Abdul Karim.

Selain melakukan kegiatan workshop, Health Corner 2021 juga melaksanakan kegiatan webinar pada sesi pertama. Pada webinar ini dijelaskan mengenai tata laksana kegawatdaruratan pada penyakit jantung.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Prof. dr. Mohammad Saifur Rohman,Sp.JP(K), Ph.D, yang menjadi narasumber menjelaskan seputar kondisi apa saja  yang dapat membuat serangan jantung dapat terjadi dan akhirnya menyebabkan henti jantung (cardiac arrest).

Workshop Health Corner sendiri dilaksanakan pada sesi kedua setelah  webinar. Pada sesi  ini, Health Corner  mengundang dr. Ali Haedar, Sp.EM, yang membahas “Panduan Menyelamatkan Jiwa dengan Resusitasi Jantung Paru (RJP)”.

Sesi workshop ini juga menyertakan keterlibatan mahasiswa dalam pemberian contoh  bagaimana cara melakukan Resusitas Jantung Paru (RJP) dengan benar.

Dokter Ali Haedar berharap,  dengan diadakannya  workshop mengenai RJP (Resusitasi Jantung Paru) ini  dapat mengedukasi masyarakat serta memberikan pandangan bahwa setiap manusia dapat menyelamatkan manusia lainnya (everyone can save a life). (dyang wulan apriliani/mat)