Mahasiswa Asing Kepincut Pos Kamling Cerdas

Sejumlah mahasiswa asing dari Portugal, Madagaskar, Thailand dan Vietnam yang kuliah di IKIP Budi Utomo (IBU) Malang, mengunjungi Pos Kamling Cerdas Literasi di Jl. LA Sucipto, RT. 02 / RW. 01, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (14/5/2017).

Mahasiswa asing mendatangi Pos Kamling Cerdas Literasi dan berinteraksi dengan warga sekitar.

Kedatangan mereka untuk belajar bersama anak – anak kampung setempat dalam rangkaian studi lapangan dan pengabdian kepada masyarakat. Ketua Pengembangan IKIP Budi Utomo Malang, Nurcholis Sunuyeko mengatakan, kunjungan para mahasiswa merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Mereka di Malang belajar Bahasa Indonesia. Kami mengajak mereka untuk praktik lapangan, bersosialisasi dengan warga. Kami mengajak mereka ke Pos Kamling Cerdas Literasi ini dalam rangkaian studi lapangan dalam upaya berbagi pengetahuan dan budaya pada anak-anak,” tutur Nurcholis.

IKIP Budi Utomo mengapresiasi inisiatif warga dalam mengembangkan budaya literasi untuk mencerdaskan anak bangsa dengan memberikan nilai tambah pada Pos Kamling sebagai ruang baca dan jaga malam. “Jadi, Pos Kamling tidak hanya dipakai untuk jaga malam, tapi juga sebagai ruang baca,” tegasnya.

IBU juga siap membina warga sekaligus memberikan pelatihan Bahasa Inggris, mengingat Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, merupakan jalur wisata. Itu semua dilakukan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat dengan dibarengi penguatan pentingnya literasi.

Menurut Cholis, Pos Kamling Cerdas Literasi didirikan dari ide warga sekitar, yang menginginkan anak-anak memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan tidak terpengaruh hal negatif. Sehingga tidak hanya bermain gadged hingga terpengaruh penyalahgunaan narkoba. Selain sebagai sarana belajar mengajar, Pos Kamling ini juga akan dikemas sebagai tempat wisata literasi di Kota Malang.

“Untuk menunjang kegiatan literasi, kami ingin menjadikan kampung wisata literasi di Kota Malang. Siapa pun bisa berkunjung, membaca, berkreasi dan berinovasi di Pos Kamling Cerdas ini secara gratis,” tutur Sukemi, Ketua Penanggung Jawab Pos Kamling.*