Lewat Gema Desa, Sanusi Ajak Masyarakat Cegah Corona

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Virus Corona yang  kini mendapat perhatian serius dunia, termasuk Pemerintah RI, tak menyurutkan semangat Pemerintah Kabupaten Malang untuk tetap menggelar Gerakan Membangun Desa (Gema Desa). Dipimpin Bupati Malang, HM Sanusi, Gema Desa kali ini dihelat di Kecamatan Bantur, Selasa (17/03/2020) siang.  Bahkan kesempatan ini dijadikan sarana untuk sosialisasi mencegah virus Corona kepada masyarakat pedesaan.

 

Bupati Malang, HM Sanusi dan Ketua DPRD, Didik GS menari bersama masyarakat saat Gema Desa di Kecamatan Bantur. (ist)

 

 

BERSAMA Ketua DPRD, Didik Gatot Subroto, Ketua TP PKK, Hj. Anis Zaida, serta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), Sanusi mengunjungi Desa Rejosari, Wonorejo, Srigonco, Pringgondani, dan Desa Wonokerto. Selain sosialisasi bahaya Corona, dia juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan di desa-desa tersebut.

Misalnya,  menyerahkan bantuan sosial kepada Yayasan Anak Yatim Piatu As Salam di Desa Rejoyoso, menyerahkan BKL Kit kepada kelompok BKL Narwastu di Desa Wonorejo, meresmikan rehabilitasi ruang kelas SMPN 1 Bantur, SDN 7 Bantur,  SDN 1 Srigonco,  dan rehab SDN 1 Rejosari.

Dengan naik sepeda motor, Bupati Malang, HM Sanusi menggelar Gema Desa di Kecamatan Bantur. (ist)

Tidak hanya itu. Orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Malang ini  juga memberikan bantuan bibit buah-buahan dan CSR PDAM berupa sambungan air bersih untuk Musholla Nurul Iman dan Musholla Babusalam.

“Salah satu manfaat Gema Desa  ini adalah dapat memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, termasuk juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Semoga bantuan ini bermanfaat,” kata Sanusi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Malang mengunjungi Kampung Ndil Koro di Dusun Krajan untuk melihat kerajinan batik Ndil Koro, kaos lukis tanpa tinta, stand bazar, menyerahkan bantuan  alat olahan pangan buah naga, serta memberikan bantuan 50 paket sembako. “Masyarakat Kampung Ndil Koro ini luar biasa. Mampu menunjukkan semangat, tampil bersama, datang bersama, guyub bersama, membangun bersama demi kemajuan desanya,” ujarnya.

Selanjutnya, dengan mengendari sepeda motor, Sanusi  menyerahkan  sembako, dana ganti rugi tanah jalur lintas selatan (JLS), dan bantuan bedah rumah dua unit di Desa Srigonco. Bahkan, di desa ini, dia juga mengajak masyarakat mencegah penularan virus Corona. “Mari bersama-sama menjaga kesehatan. Mari bersama- sama menangkal virus Corona. Jika  selesai bersalaman,  harus  cuci tangan dengan sabun agar tidak terkena virus Corona. Ingat, kesehatan  itu penting,” himbaunya.

Tempat terakhir yang dikunjungi mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang ini  adalah  Desa Wonokerto. Di sini, dia  meninjau program  jebol anduk yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (iko/mat)