TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Pelaksanaan penindakan pengguna roda dua yang melintas di fly over Arjosari, Malang.

Lewat Fly Over Arjosari, 45 Pengendara Motor Ditilang

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sejumlah pengguna sepeda motor yang melintas di fly over Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, terjaring operasi penertiban yang dilakukan Satlantas Polresta Malang Kota, Senin (07/09/2020). Sejumlah pengemudi roda dua ditilang karena melanggar rambu larangan melintas di jembatan layang tersebut.

 

Pelaksanaan penindakan pengguna roda dua yang melintas di fly over Arjosari, Malang.

 

“OPERASI ini untuk menindak pelanggar rambu-rambu lalulintas di jembatan layang (fly over). Hanya dalam waktu satu jam, sebanyak 45 pengendara roda dua, ditilang karena melintas di fly over,” terang Kasatlantas, AKP Ramadhan Nasution di lokasi operasi seraya menambahkan, kendaraan roda dua memang dilarang melintas di fly over.

Kasatlantas, AKP Ramadhan Nasution.

Selain terang-terangan melintas di fly over, sejumlah pengendara roda dua yang terjaring dalam operasi itu, beberapa di antaranya ada yang tidak bisa menunjukan surat-surat kelengkapan kendaraan (SIM, STNK).  Kepada mereka, dikenakan dua pasal berbeda di surat tilangnya, yakni pasal pelanggaran rambu lalu lintas dan pasal  281 UU LLAJ (tidak membawa SIM STNK).

“Yang bawa kelengkapan surat-surat, tetap ditilang, karena mereka melanggar rambu-rambu lalu lintas. Yang paling banyak tidak membawa SIM. Yang tidak membawa surat, terkena dua  pelanggaran sekaligus,” jelasnya.

Dari pantauan di lapangan, para pelanggar ada yang melarikan diri dengan cara putar balik ke arah berlawanan  (ke utara) saat di fly over. Itu dilakukan saat mengetahui ada petugas di ujung jembatan (sisi selatan). Perbuatan ini  tentu sangat membahayakan, baik  bagi diri sendiri maupun pengendara  yang lain. “Kami himbau kepada masyarakat, laksanakan etika berkendaraan dengan baik. Taatilah rambu – rambu lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan,” pesan kasat lantas.

Sementara itu, salah seorang pengendara roda dua, Usman (53) mengaku, melintasi fly over karena  sedang terburu- buru. Jika lewat bawah fly over, terkena lampu merah. “Saya buru-buru, makanya lewat atas (fly over),” katanya. (aji/mat)