TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Tujuh Inovator pencipta aplikasi.

Law Law Land, Aplikasi Digital Ajak Masyarakat ”Melek” Hukum

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tujuh anak muda menggagas sebuah website dan aplikasi untuk mengedukasi masyarakat perihal permasalahan hukum di Indonesia. Inovasi generasi muda Kota Surabaya ini diberi nama “Law Law Land”, bisa diakses melalui website lawlawland.id dan juga tersedia di Playstore.

 

Tujuh Inovator pencipta mempresentasikan aplikasi pelayanan konsultasi hukum daring “Law Law Land”, di Surabaya, Selasa (30/3).

 

SALAH SEORANG penggagas inovasi, Richard Handiwiyanto, S.H., M.H., Mkn mengatakan, aplikasi berbasis daring itu diangkat dari konsep sejumlah film yang mengedukasi tentang hukum. Dalam aplikasi itu, dibuat menarik dan seru supaya masyarakat tidak takut serta semakin mengerti tentang hukum.

“Konsepnya seru dan menarik, jadi kami angkat supaya lebih seru dan asyik. Karena, biasanya (hukum) kan tegang, menakutkan, dan menyeramkan,” terang Richard Handiwiyanto, S.H., M.H., M.Kn., Selasa (30/3/2021).

Saat melaunching aplikasi, Richard berharap masyarakat semakin melek untuk menghadapi beragam tantangan kedepannya di era serba digital saat ini. Mengingat, kondisi pandemi Covid-19 juga menghambat kegiatan tatap muka. Dengan adanya aplikasi ini, arek  Suroboyo ini ingin masyarakat bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Dalam aplikasi tersebut, masyarakat bisa melakukan konsultasi secara online. Dimana caranya dengan melakukan registrasi online, memasukan email dan identitas diri. Saat proses verifikasi lolos, pengguna bisa melakukan konsultasi online, pembelajaran tentang hukum hingga pembelian jasa yang tersedia dalam laman yang juga tersedia di Playstore.

“Saat ini kan tidak mungkin tatap muka, ada pembatasan, makannya kami membuat aplikasi ini agar masyarakat dipermudah. Aplikasi ini nantinya akan seperti Halodok, untuk membeli obat dan lain sebagainya. Kami juga sama,” tuturnya.

Sementara, Levina Faby Naomi Christy, S.H.,M.Kn, mengungkapkan, ada 7 personel di tim inti yang akan melayani konsultasi para pengguna. Dalam prosesnya, ada senior partner, partner lawyer hingga beragam bidang hukum untuk edukasi.

“Ada sub bagian sendiri-sendiri, misalnya hukum tentang keluarga, hukum waris, dan lain sebagainya. Untuk korporat juga ada, pengurusan penetapan di pengadilan juga ada. Harapannya bisa dipergunakan oleh masyarakat dan bisa diterima masyarakat serta bermanfaat,” ungkapnya.

Untuk masyarakat yang berada di luar Kota Surabaya juga dapat memanfaatkannya. Sebab, dalam pelayanannya, para tim yang ada akan melakukan video call.

“Kami juga menyediakan produk, konsumen bisa membelinya, konsumen yang submit. Nanti, tim kami yang turun dan mendampingi dilapangan, ada website dan aplikasi, bisa didownload di playstore, lewat website langsung lawlawland.id juga bisa. Gol kami adalah membuat masyarakat lebih melek hukum,” jelasnya. (ang/mat)