Latih Ilmu Perpajakan, PTT Bapenda Ikuti Uji Kompetensi

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang, Jawa Timur, belum lama ini menyelenggarakan uji kompetensi bagi pegawai tidak tetap (PTT) yang bekerja di Bapenda. Tujuannya, untuk mengetahui kemampuan sekaligus merefresh ilmu tentang perpajakan, khususnya Pajak Daerah yang mencakup 10 jenis Pajak Daerah. 

 

Para peserta uji kompetensi mengerjakan soal-soal ujian.

 

Potensi pajak reklame di Kabupaten Malang cukup besar.

“JADI, untuk mengetahui ilmu tentang perpajakan, belum lama ini kami menggelar uji kompetensi. Uji kompetensi ini perlu dilakukan, karena pekerjaan yang mereka jalani berkaitan dengan Pajak Daerah. Selain itu mereka juga selalu komunikasi dengan para Wajib Pajak, sehingga harus bisa menjelaskan tentang Pajak Daerah,” kata Plt Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara, SH, MSi, belum lama ini.

Made menjelskan, untuk materi yang diujikan, dibuat sendiri oleh Bapoenda Kabupaten Malang. Demikian pula pengujinya, diambil dari kalangan Bapenda. Bahkan pelaksanaannya pun di lakukan di lingkungan kantor Pemkab Malang.

Plt Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara, SH, MSi.

“Pajak Daerah yang kita kelola cukup banyak, ada 10 jenis, meliputi Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB), Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta Pajak BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan). Nah, mereka harus memahami dan mampu menjelaskan kepada Wajib Pajak tentang pajak-pajak itu. Sebab, kita ini kan bekerja di bidang pelayanan. Jadi harus bisa melayani masyarakat dengan baik,” jelasnya.

Menurut Made, dengan adanya uji komptensi ini, pijhakna juga ingin mengetahui kecerdasan, kepribadian, serta ilmu tentang perpajakan (Pajak Daerah) para PTT. “Makanya, kami berencana  melakukan  uji kompetensi setiap enam bulan sekali,” harapnya. (iko/mat)