Laman PPDB Kota Malang Diretas

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Web site milik Dinas Pendidikan Kota Malang, Jawa Timur yang memuat tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), diretas seseorang. Akibatnya, banyak wali murid yang ingin melakukan daftar ulang kalang kabut karena laman PPDB bermasalah.

 

 

Kasat Reskrim Polres Malang Kota, AKP Azi Pratas Guspitu, SH, SIK.

“WEB SITE kami diretas. Itu yang membuat Laman PPDB error. Ini membuat banyak wali murid yang ingin melakukan daftar ulang kalang kabut,” terang Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kota Malang, Totok Kasianto, Kamis (21/05/2020).

Terkait hal itu, Totok telah melaporkan permasalahan perubahan data verifikasi penerimaan SMP jalur prestasi lewat PPDB ke Polresta Malang Kota. “Masalah ini sudah saya laporkan ke kepolisian. Saat ini masih dalam penyelidikan untuk mengetahui siapa yang telah melakukan peretasan itu,” lanjut Totok.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota AKP Azi Pratas Guspitu mengakui pihaknya telah menerima laporan tentang adanya dugaan peretasan laman PPDB milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkot Malang tersebut. “Sekretaris Dinas sudah laporan Selasa (19/05/2020). Saat ini kami masih mendalaminya,” katanya.

Untuk itu, lanjut Azi, dalam waktu dekat, dirinya akan memanggil beberapa orang, termasuk Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkot Malang, Totok Kasiyanto, sebagai pelapor. “Kami akan menindaklanjutinya. Beberapa orang akan kami panggil untuk dimintai keterangan,  termasuk Sekretaris Dinas, Totok Kasiyanto,” terangnya.

Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Malang banyak dikeluhkan masyarakat. Salah satunya soal kesiapan panitia PPDB, mulai dari penggunaan server yang tidak stabil,  adanya pergantian alamat pendaftaran, dari ppdb.dikbud.web.id menjadi ppdb.malangkota.go.id. (ide/mat)