TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Inilah salah satu hasil karya mahasiswa UBAYA, merancang meja dengan konsep space saving furniture untuk work from home (WFH) dan study from home (SFH).

Kuliah di Rumah, Mahasiswa Ubaya Buat Meja, Dijual Rp 2.990.671

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya), merancang meja dengan konsep space saving furniture untuk work from home (WFH) dan study from home (SFH). Desain produk tersebut merupakan karya mahasiswa mata kuliah Kerja Praktik 1 (KP 1) Program Studi Teknik Industri.

 

Inilah salah satu hasil karya mahasiswa UBAYA, merancang meja dengan konsep space saving furniture untuk work from home (WFH) dan study from home (SFH).

 

“DALAM mata kuliah ini, kami melakukan simulasi bisnis pemasaran dan berperan sebagai sebuah industri atau perusahaan yang menciptakan suatu produk bagi masyarakat. Jadi kami memulai dengan melakukan market riset, merancang produk, promosi,  dan menjual ke masyarakat hingga membuat laporan keuangan,” ungkap salah satu tim mahasiswa pembuat prasaja, Nabilah Alpha Maharani, Selasa(18/05/2021).

Menurut Nabilah Alpha Maharani,  prasaja —-yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti sederhana—-  merupakan rancangan produk meja yang dibuat dengan konsep space saving furniture untuk work from home (WFH). Rancangan produk ini dibuat oleh tim yang terdiri dari Nabilah Alpha Maharani, Gusti Anandia Saylendra, Bryan Dave Reyhan Tjoanda, Elsha Ramadhanti Wahyuningtyas, dan M. Shiddiq Ardikaputra.

Ide pembuatan rancangan produk prasaja berawal dari adanya himbauan pemerintah agar masyarakat menerapkan sistem piket atau WFH untuk mencegah terjadinya cluster baru COVID-19 di wilayah perkantoran. Kondisi tersebut mengharuskan para pekerja untuk mulai beradaptasi diri dan menciptakan kondisi rumah yang kondusif agar tetap produktif meskipun WFH.

Rumah yang tidak terlalu besar menjadi persoalan sebagian masyarakat untuk membuat ruang kerjanya sendiri. Oleh sebab itu, mereka membuat rancangan produk furniture berupa meja kantor dengan mengusung konsep space saving, estetika,  dan multifungsi.

Rancangan produk prasaja juga dilengkapi dengan beragam fitur lain,  seperti rak buku, penyimpanan stationery, tempat tablet atau i-pad, handphone, dan stopkontak. Terdapat pijakan kaki di bagian bawah meja untuk mendukung kenyamanan pengguna.

Tim  juga memperhatikan unsur estetika dan ergonomis dalam merancang produk. Produk yang didesain buka tutup seperti lemari ini, tidak hanya berfungsi sebagai meja. Saat selesai menggunakannya, produk bisa ditutup menjadi sebuah rak penyimpanan sehingga tetap menjaga estetika ruangan di dalam rumah.

Prasaja tidak memakan banyak tempat, karena memiliki ukuran 115 x 115,4 x 150 cm ketika posisi terbuka dan 37 x 100 x 150 cm saat ditutup. Produk ini dibanderol dengan harga Rp 2.990.671.  (div/mat)