Krisis Moral Generasi Muda, KNPI Gelar Seminar Pendidikan Karakter

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Adanya degradasi moral dan karakter para generasi muda, menjadi keprihatinan berbagai pihak, salah satunya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), lewat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten Malang, mengelar seminar sehari pendidikan karakter, Rabu (19/12/2018).

 

Seminar sehari pendidikan karakter yang diadakan DPD KNPI Kabupaten Malang.

BERTEMPAT di Pendopo Kabupaten Malang, dengan mengandeng Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, DPD KNPI Kabupaten Malang mendatangkan narasumber pakar pendidikan seperti Tata Karwata Wijaya yang merupakan ketua Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (LP2SDM) Bandung, dan Yusuf Ratu Agung M.A. Dosen Psikologi UIN Maliki Malang serta Supriyatna Adhisuwignjo Wakil Direktur 1 Polinema Malang.

Sekretaris KNPI Kabupaten Malang Ahmad Faiz Wildan.

” Orang-orang ini sangat berkompenten dibidang pendidikan karakter,” jelas Sekretaris KNPI Kabupaten Malang Ahmad Faiz Wildan.

Lebih lanjut kepada awak media, pria yang juga menjabat sebagai Dirut PD.Jasa Yasa Kabupaten Malang, mengutarakan seminar sehari yang membahas pendidikan karakter dan moral, berawal dari menurunnya adab dan moral para generasi muda saat ini.

“Sering kita lihat bagaimana sekarang murid berani melawan, bahkan berkelahi dengan guru, anak yang menentang orang tua, kami dari KNPI tidak mau hal ini berlanjut terus, untuk itu kemudian timbul ide mengadakan seminar ini yang diikuti oleh guru dan Kepala Sekolah SMP di Kabupaten Malang,” jelasnya.

Tidak hanya seminar, menurut Wildan dalam acara yang digagas DPD KNPI Kabupaten Malang, juga transfer ilmu dari narasumber kepada para peserta yang merupakan para pendidik. “Transfer ilmu ini adalah metode senam kecerdasan, yang dipraktekan oleh narasumber secara langsung,”ujarnya.

Menurut dia, metode senam kecerdasan diklaim telah memberikan hasil yang positif dalam membina karakter anak didik. “Bahkan di Madura, dengan metode ini bisa menyembuhkan anak yang kecanduan narkoba, kami ingin mencoba hal ini diterapkan di Kabupaten Malang,”tegas pria asal Sumberpucung.

Sementara itu menurut, Dr. Moh. Hidayat, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, mengapresiasi seminar yang diinisiasi DPD KNPI Kabupaten Malang, menurutnya hal itu bisq sebagai tambahan ilmu bagi tenaga pendidik yang ikut seminar. Karena pada dasarnya menurut klaim Kadindik, mutu pendidikan di Kabupaten Malang, sudah mendekati sempurna. Tetapi masih banyak kekurangan disana sini, terutama pada pembentukan karakter anak didik agar semuanya nanti sesuai harapan.” Namun demikian kami akan berusaha lakukan pembenahan secara bertahap, agar nanti seluruhnya akan menjadi baik serta sempurna,”ujarnya. (diy)