Korslet, Kandang Ayam Ludes Terbakar

Petugas PMK memadamkan api yang membakar kandang ayam milik Nur Kasim.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Kandang ayam milik Nur Kasim (46), warga Desa Kidangbang, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terbakar, Senin (17/06/2019) siang, pukul 13.30 WIB. Kerugian ditaksir mencapai Rp 210 juta.

 

“BEGITU mendapat laporan, kami langsung meluncur dengan mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran. Api bisa dipadamkan pukul 14.35 WIB,” terang Kasi Penanggulangan Bencana Kebakaran (PBK) Kabupaten Malang, Agus Suyanto.

Penyebab amuk si jago merah, menurut Agus, karena korsleting listrik. “Dari keterangan korban, api muncul dari arus pendek listrik. Api dengan cepat membesar, karena bangunan kandang sebagian besar dari bambu dan kayu yang kering,” jelasnya.

Petugas mengidentifikasi kandang ayam yang terbakar.

Meskipun tidak sampai mengakibatkan korban jiwa, Nur Kasim  menderita kerugian ratusan juta rupiah. “Kerugian material ditaksir mencapai Rp 210 juta,” tegas Agus.

Memasuki bulan kemarau dengan cuaca yang kering, Agus menghimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati. “Dengan kondisi terik dan kering seperti musim kemarau ini, sangat berpotensi terjadi bahaya kebakaran. Pastikan api benar-benar padam usai membakar sampah atau selesai memasak. Begitu juga perhatikan instalasi kelistrikan rumah. Kebakaran bisa diminimalisir kalau kita lebih waspada dengan lingkungan sekitar kita,”pungkasnya.  (diy)