Kemenpan RB : Layanan SKCK dan SIM di Polresta Malang Baik

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Deputi Bidang Pelayanan Publik (Yanlik) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Diah Natalisa menilai, layanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Satuan Administrasi Pelayanan SIM (Satpas) Mapolresta Malang Kota, Jawa Timur,  sudah baik.

 

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa, bersaman rombongan dan Kapolresta Makota, Kombes Pol Leonardus Simarnata, serta Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution.

 

MENURUTNYA, sudah banyak perbaikan jika dibanding saat kunjungan tahun lalu. “Pelayanan SKCK sudah bagus. Hasilnya sudah baik. Ada perubahan dari tahun kemarin. Kami juga berikan saran lain agar lebih baik melayani masyarakat,” terang Diah Natalisa saat melakukan kunjungan ke Mapolresta Malang Kota, Kamis (15/10/2020).

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Diah Natalisa, meninjau tempat pelayanan SIM di Poresta Malang, didampingi Kapolresta Makota, Kombes Pol Leonardus Simarnata, dan Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution.

Dalam kunjungan yang bertujuan untuk mengecek pelayanan publik, terutama SKCK dan Satpas SIM itu, Diah Natalisa bersama rombongan didampingi  Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata beserta jajaran.

Sebelum keliling ke lokasi pelayanan, Kapolresta menjelaskan  proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.  Di ruang SKCK, Diah Natalisa melihat langsung layanan yang diberikan.

Selanjutnya, rombongan Deputi Bidang Yanlik mendatangi Satpas SIM.  Meski kunjungannya  singkat, Diah Natalisa memastikan satu persatu ruangan sudah sesuai standar pelayanan yang ditetapkan. Penilaian secara berkelanjutan bisa membuat perbaikan pelayanan ditingkatkan.  “Setiap tahun kami melakukan monev terhadap pelayanan, dalam hal ini fokus kita adalah SKCK dan Satpas SIM,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengaku, pihaknya berkomitmen meningkatkan pelayanan publik. “Kami berkomitmen tehadap pelayanan. Mengurangi intensitas pertemuan petugas dengan customer guna menghindari terjadinya pungli maupun penyalahgunaan wewenang. Selain itu,  meningkatkan pengawasan kepada seluruh sentral pelayanan meliputi SKCK, SPKT,  dan layanan lainnya,” terangnya.

Kasatlantas Polresta Malang Kota AKP Ramadhan Nasution, menerangkan, pihaknya sudah melaksanakan perbaikan yang dijadikan standar. “Dari kunjungan,  tadi alhamdulilah sudah dinyatakan baik. Begitu juga tingkat kedinginan di ruangan sekarang sudah dingin, AC nya sudah banyak, jadi sekarang sudah bisa dirasakan masyarakat,” katanya.

Ramadhan menjelaskan, sejalan dengan survey tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Satpas SIM, masyarakat bisa langsung menilai pelayanan melalui digital dan bisa ditampilkan secara langsung.

Ramadhan berharap penilaian ini jadi indikator Kemenpan RB memberi predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) tahun ini bagi Polresta Malang Kota. “Untuk tanggapan dari masyarakat, alhamdulillah survei kepuasan masyarakat sampai saat ini sangat puas,” katanya.  (aji/mat)