Kelola Sampah, Menuju Indonesia Bersih 2025

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Kesadaran masyarakat Malang Raya terhadap lingkungan yang bersih dari sampah, sudah semakin meningkat. Bahkan, sudah pada tahapan pemberdayaan perekonomian masyarakat berbasis sampah.

Prosesi pemberian pelatihan pemanfaatan sampah untuk para pengelola Bank Sampah di Malang Raya.

HAL INI disampaikan Totok Daryanto, anggota DPR RI Komisi VII, Bidang Lingkungan Hidup saat sosialisasi pengembangan bank sampah dalam rangka peningkatan kapasitas pengelola sampah menuju indonesia bersih sampah 2025, di Hotel Atria.

“Kesadaran masyarakat Malang Raya, sudah selangkah lebih maju. Tidak saja pada pembersihan sampah, namun sudan pada pengelolaan sampah hingga bernilai ekonomi,” tutur Totok, Jum’at (16/11/2018).
Politisi dari partai PAN itu menjelaskan, dengan kondisi tahapan seperti ini, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada warga Malang Raya, untuk terus mengelola sampah.
“Dengan pemanfaatan bernilai ekonomi, kita kembangkan terus, Dengan melakukan pelatihan tentang kewirausahaan”, lanjut Totok.
Ia mengaku, dengan adanya Bank Sampah di wilayah Malang Raya, pihaknya akan semakin  mendorong masyarakat memanfaatkan sampah.
“Bank sampah ini, sudah dalam tahapan lanjut. Maka saya berharap kepada pemerintah, untuk mendorong adanya gerakan-gerakan masyarakat yang memiliki nilai tingi terutama soal lingkungan”, imbuhnya.
.
Menurutnya, menjaga lingkungan yang sehat adalah tugas negara. Namun demikian harus tetap ada peran serta dari masyarakat.
“Sebetulnya untuk menjaga lingkungan yang sehat, lingkungan yang baik itu adalah tugas negara. Namun ketika ada masyarakat berpartisipasi maka itu harus didorong dan didukung”, pungkasnya. (ide)