TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Sejumlah alat berat diturunkan untuk mengevakuasi materila longsor di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (04/02/2021) siang. (ist)

Kasembon Longsor, Jalur Malang – Kediri Tutup Total

Material longsor berupa tanah dan kayu menutup jalan yang menghubungkan Malang – Kediri di wilayah Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (ist)

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Belum lagi longsor yang terjadi di Dusun Jombok Krajan, RT 11, Desa Djombok, Kecamatan Ngantang, dan Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, diatasi 100 %, longsor kembali terjadi di Malang barat. Kali ini menimpa Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Rabu  (03/02/2021) malam, pukul 18.30 WIB. Akibatnya, jalur Malang – Kediri dan Malang – Jombang tutup total karena tertimbun longsor.  

 

Untuk membersihkan jalan dari lumpur yang licin, petugas terpaksa mendatangkan truk tangki berisi air untuk menyeprotnya. (ist)

 

CAMAT KASEMBON, Kasiyanto menjelaskan, hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kecamatan Kasembon, Rabu (04/02/2021) siang, mulai pukul 13.30 WIB sampai 18.00 WIB, mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Meliputi, Dusun Bonjagung (Boreh) RT 9 /RW 3, Desa Pait, terjadi tanah longsor disertai pohon tumbang. “Tanah longsor dan pohon tumbang pas di jalan raya provinsi yang menghubungkan Malang – Kediri dan Malang – Jombang,” katanya, Kamis (04/02/2021) siang.

Camat Kasembon, Kasiyanto (masker merah), bersama Kapolsek dan danramil Kasembon, turun langsung ke lokasi longsor di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (04/02/2021) siang. (ist)

Titik kedua berada di Dusun Slatri (Tenggongan) RT 8 / RW 2  Desa Pait. Di sini, tanah longsor menimpa jalan alternatif.  Titik ketiga terjadi di Dusun Jabon Garut RT 8/ RW 4 Desa Wonoagung. “Akibat longsor dan pohon tumbang itu, akses jalan raya provinsi  Malang – Kediri dan Malang – Jombang, tutup total. Demikian pula akses jalan kabupaten (jalan alternatif), juga tutup total,” kata Kasiyanto.

Mantan Sekcam Bululawang ini menambahkan, pasca longsor dan pohon tumbang, sejumlah pihak terkait,  mulai MUSPIKA Kasembon,  BPBD Kabupaten Malang,  PMI Kabupaten Malang, UPT Dinas PU Bina Marga, Perhutani, sejumlah relawan, perangkat Desa Pait dan Wonoagung, serta masyarakat, langsung turun tangan, mengevakuasi material longsor.

Sejumlah alat berat diturunkan untuk mengevakuasi materila longsor di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (04/02/2021) siang. (ist)

“Kami langsung membersihkan tanah longsor dan material kayu di bahu jalan raya provinsi di Dusun Bonjagung (Boreh) dan Dusun Slatri. Pembersihan membutuhkan waktu lama, karena banyaknya material berupa tanah dan kayu. Sampai Kamis (04/02/2021) pukul 12.30 WIB, proses evakuasi tanah longsor dan material kayu menggunakan alat berat dan gergaji mesin, masih berlangsung. Alhamdulillah, dengan upaya keras dan tanpa lelah, akhirnya proses evakuasi pembersihan tanah longsor dan pohon tumbang berjalan aman, lancar, dan selesai, sehingga  jalan mulai bisa dilewati,” jelas Kasiyanto.

Sebelumnya, jalan provinsi yang menghubungkan Malang – Kediri dan Malang – Jombang di  Dusun Jombok Krajan, RT 11, Desa Djombok, Kecamatan Ngantang, dan Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (02/02/2021) siang,  juga tertimbun  longsor. (bri/mat)